Mahasiswa S2 STISIP Widuri Jakarta Afu D. Ariyanto Bantu Ketahanan Pangan dengan Budidaya Ikan dalam Ember

JAKARTA – Mahasiswa STISIP Widuri Jakarta Afu D. Ariyanto melakukan pemberdayaan untuk kelompok wanita tani keluarga harapan di Kelurahan Sawah lama Kec. Ciputat Tangerang Selatan dalam rangka menyelesaikan Tesis pada Senin (29/8/2022).

Pelatihan dalam bentuk praktikum kegiatan sosial yang dilakukan Afu D. Ariyanto ini tergolong unik dan kreatif, karena memanfaatkan peralatan sederhana, mudah dilakukan, dan berdampak besar bagi para ibu-ibu rumah tangga.

Read More
banner 300250

banner 300250

“Kegiatan mata kuliah praktikum pekerja sosial pemberdayaan terhadap keluarga pra sejahtera, dalam hal ini ibu rumah tangga untuk dapat melakukan budidaya ikan dalam ember dan tanaman sayuran,” ujar Afu kepada awak media, Jumat (26/8/2022).

Afu yang merupakan Sekjen organisasi Barisan Demokrasi (BADAI) menjelaskan, manfaat dari hasil budidaya ini nantinya bisa dirasakan langsung oleh ibu-ibu dan keluarganya di rumah. Dalam hal ini Afu menyasar kelompok ibu-ibu penerima manfaat yang diwakili Fadiah Lutafiani.

“Hasil budidaya bisa dikonsumsi untuk keluarga dan sebagian bisa dijual, dengan demikian jika ini berhasil secara tidak langsung dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga kurang mampu,” jelas Afu.

Dalam melakukan program ini, Afu diarahkan oleh Dosen Pembimbing Dr. Fordolin Hasuguan, M.Si sehingga programnya berjalan secara ilmiah scientifi dan *berkelanjutan*.

Afu menegaskan, kegiatan budidaya ikan dalam ember serta tanaman sayur ini dapat mendukung ketahanan pangan berbasis skala rumah tangga. Ditambah lagi dengan tingginya protein ikan lele, diharap semoga tidak ada lagi anak atau keluarga yang kekurangan gizi (Stunting).

“Pada kegiatan ini pun, para ibu-ibu kita berikan penyuluhan bagaimana tatacara pembuatan proposal, bagaimana cara mengakses informasi-informasi, dan bagaimana mengakses sumber-sumber yang bisa dijadikan bantuan dalam hal budidaya tersebut,” tandas Afu.

Related posts