Makanan Pokok Yang Kita Konsumsi Dijamin Sehat?

  • Whatsapp
banner 468x60

Jember, LiraNews – Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia, dari makanan ini pulalah kondisi manusia dapat ditentukan kesehatannya. Program 4 sehat 5 sempurna yang dicanangkan oleh Pemerintah adalah program standar makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Pada zaman dahulu masyarakat kita dengan mengkonsumsi makanan ala kadarnya mereka bisa hidup sehat dan berumur panjang. Bagaimana dengan saat ini yang sudah masuk pada zaman modern ? Zaman modern membuat orang berpacu dalam memodifikasi makanan sehingga terlihat menarik dan kelihatan mewah.

Dengan asumsi bahwa makanan itu sudah layak untuk dikonsumsi bagi semua kalangan masyarakat baik mulai anak-anak sampai dengan mereka yang sudah tua.

Pada kalangan masyarakat muslim yang mereka kejar adalah makanan yang sudah berlabelkan halal. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah makanan yang berlebel halal akan menjamin kesehatan dan keselamatan kita ? Jawabannya belum tentu.

Mari kita simak sedikit masalah bagaimana makanan-makanan yang telah beredar di kalangan masyarakat. Mulai dari nasi yang kita makan, apakah sudah sehat ?

Padi yang ditanam oleh petani pada saat ini berusaha diperpendek masa panennya dengan cara menggrojok pupuk kimia.

Pupuk-pupuk kimia tersebut akan memacu pertumbuhan tanaman padi yang dulunya dipanen 8 bulan menjadi 3 bulan sehingga akan berpengaruh pada pendapatan para petani.

Apakah padi yang telah diolah menjadi beras dan ditanak menjadi nasi itu tidak halal ? Jawabannya pasti halal. Apakah nasi yang kita makan itu sehat dan menjamin keselamatan..? Jawabannya belum tentu. Kenapa demikian ?

Karena sampai saat ini masih belum ada yang meneliti masalah kandungan racun akibat pupuk-pupuk kimia yang terdapat dalam beras.

Sayuran, siapa yang tidak kenal sayuran dan khasiatnya. Bahkan pada program 4 sehat 5 sempurna, sayuran menjadi salah satu primadona dalam menunjang kesehatan kita. Apakah sayuran itu halal ? Jawabannya pasti halal. Apakah sayuran itu sehat dan menjamin keselamatan ? Jawabannya belum tentu. Kok bisa ?

Ayo kita lihat bagaimana cara tanam sayuran. Ada sayuran yang tanamnya tidak berbau pupuk seperti 1. Daun pepaya, pohon pepaya akan hidup tanpa pupuk kimia, 2. Daun kenikir, pohon kenikir dapat kita temui dimana-mana dan akan tumbuh tanpa adanya pupuk kimia, 3. Daun kemangi dan masih banyak juga sayuran yang masih tumbuh walaupun tanpa adanya pupuk kimia.

Tetapi pada beberapa sayuran masih banyak tergantung pada pasokan pupuk kimia contohnya adalah kubis atau kol. Tanaman kubis atau kol sangat tergantung pada pupuk dan obat-obatan kimia.

Untuk itu perlu adanya informasi yang tepat masalah sayuran yang memiliki ketergantungan yang tinggi akan pupuk dan obat-obatan kimia. Ikan, kita banyak juga mengkonsumsi ikan, seperti ikan ayam, ikan laut dan daging.

Pada saat ini banyak di jual daging ayam potong, ayam potong makanannya murni dari konsentrat yang akan memacu pertumbuhan ayam hanya dalam tempo 30-40hari seekor anak ayam sudah siap dijual dan dikonsumsi.

Belum ada keterangan resmi dari pemerintah masalah jaminan keselamatan makanan pada makanan pokok yang setiap hari kita konsumsi.

Slamet Riyadi, Ketua balitbang LSM LIRA Jember

banner 300x250

Related posts

banner 468x60