Maki  Meyakini  Setya Novanto Terlibat Korupsi E-Ktp

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:

LiraNews.Com

Bagikan:

Jakarta, LiraNews.com – Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menyakini Ketua DPR RI Setya Novanto terlibat dalam kasus suap korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

“Keterlibatan Setya Novanto dalam kasus e KTP karena sejak penyusunan anggaran e-KTP di APBN, dia yang mengatur pertemuan-pertemuan di DPR dan di Hotel Sultan,” ujar Boyamin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/3/2017).

Setya Novanto, katanya, diduga ikut menikmati keuntungan dari pengadaan proyek e-KTP sebagai pihak suplier chip e-KTP dan keuntungan lainnya dari bancakan dana bagi-bagi duit yang diduga hasil korupsi bahkan sejak awal penyusunan (ijon).

Hal itu dilakukan melalui kaki tangannya yaitu Andi Agustinus alias Andi Narogong, dia juga mengatur tender sehingga menghasilkan pemenang tender dengan harga yang digelembungkan.

Selain itu, tambahnya, berdasarkan pertemuan pihak eksekutif di Kemendari dengan Paulus Tanos, seorang pengusaha yang terlibat dalam kasus suap e-KTP.

Dia meyakini dalam sidang di Pengadilan Tipikor pada Kamis (9/3/2017), jaksa penuntut umum KPK dalam surat dakwaannya akan menyebut keterlibatan Setya Novanto.

“Oleh karena itu, KPK harus  segera menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka korupsi E-KTP tanpa menunggu putusan pengadilan Tipikor,” imbuhnya.

Menurutnya, Irman dan Sugiarto yang saat ini berstatus tersangka dinilainya hanya pihak paling bawah dalam kasus korupsi E KTP

“Mereka sekedar bawahan yang menjalankan perintah atasan, yang takut dipecat jika tidak mematuhi atasan mereka dalam grand design mega proyek e-KTP,” pungkasnya. LN-JMP

Bagikan:
Komentari Melalui Facebook
Thu Mar 9 , 2017
LiraNews.Com