Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews.com – Lebaran Idul Adha biasa disebut hari raya kurban, karena pada momen ini umat muslim disunnahkan untuk memotong hewan kurban. Baik Unta, Sapi, Kerbau, ataupun Kambing.

Tak heran, saat Idul Adha stok daging di masyarakat melimpah, khususnya dagi kambing.

Read More

banner 300250

Terkait kesehatan, sudah jamak diketahui bahwa daging kambing atau domba memiliki kadar kolesterol yang tinggi, yang salah satu risikonya bila dikonsumsi berlebihan adalah serangan jantung dan asam urat.

Namun di sisi lain, konsomsi daging kambing secukupnya juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan, sebagai berikut:

1. Mencegah Animea

Aniema adalah penyakit yang muncul akibat kurangnya zat besi dalam tubuh. Animea biasanya ditandai badan mudah letih, lemas, dan semangat kerja berkurang.

Nah, konsumsi daging kambing secukupnya, maka animea akan mereda. Sebab di dalam daging kambing ada kandungan zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Penelitian kesehatan menunjukkan bahwa daging kambing memiliki kandungan senyawa zinc yang fungsinya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat pemulihan luka, pembentukan protein dan DNA, serta membantu tumbuh-kembang anak.

3. Sumber protein

Kandungan protein dalam daging domba tergolong tinggi. Fungsinya akan menambah energi dalam tubuh, bahkan membantu perbaikan dan pembentukan otot. Bahkan protein dapat membantu menjaga kepadatan otot, terutama bagi kaum lansia.

4. Meningkatkan performa fisik

Senyawa asam amino beta-alanine terkandung dalam daging kambing. Senyawa ini berfungsi untuk memproses pembuatan carnosin dalam tubuh.

Adapun senyawa carnosine dapat mengurangi rasa lelah dan membantu meningkatkan kekuatan saat melakukan aktivitas.

5. Melindungi sistem saraf

Daging kambing mengandung vitamin B yang lengkap, mulai dari vitamin B-2, B-3, B-5, B-6, sampai vitamin B-12. Vitamin B ini dapat menjaga sistem saraf agar komunikasi antar saraf dalam tubuh berjalan dengan baik.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60