Marak Kekerasan Pada Anak, Orang Tua dan Guru Harus Tingkatkan Kewaspadaan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Maraknya kasus kekerasan pada anak akhir-akhir ini yaitu, eksploitasi seksual, kasus penjualan anak dan kasus tentang penculikan anak membuat prihatin pemerhati anak dari Sekertaris Jenderal Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA) Dhanang Sasongko.

Video yang viral terjadi pada adik kita Y di Samarind Kalimantan Timur yang hilang selama 14 hari atau 16 hari kemudian ditemukan dalam keadaan yang sangat memprihatinkan yaitu hilangnya anggota tubuh seperti, telapak tangan, telapak kaki dan kepala jadi yang hilang ini bukan organ tubuhnya.

“Ini menjadi keprihatinan khusus buat kita semua,” ungkap Dhanang kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Dhanang yang juga Direktur PAUD Institute dan kesehariannya bergaul dengan dunia anak merasa miris dengan kejadian yang terjadi akhir-akhir ini terhadap dunia anak.

“Hal ini dapat kita cegah asalkan perhatian yang lebih dari para orang tua, guru dan masyarakat untuk memberikan perhatian dan pengawasan lebih terhadap anak,” lanjut Dhanang.

Terutama untuk lingkungan anak usia dini, tidak boleh ada peluang sedikitpun anak bisa keluar rumah atau sekolah tanpa pengawasan, karena mereka sangat lemah, tidak bisa membela dirinya sendiri dan para predator kejahatan terhadap anak sering adalah orang yang dekat dengan anak, bersembunyi di balik kebaikan sehingga sering masyarakat tidak menyangka.

“Mudah-mudahan pihak kepolisian bisa segera mengusut kasus ini dan menemukan pelakunya dan para pelakunya. Hukum seberat-beratnya pelaku ini, karena ini sangat sadis dan biadab,” tegas Dhanang.

Terakhir Dhanang berpesan khususnya untuk pribadi, orang tua, guru dan seluruh masyarakat jangan sampai lengah, tidak ada sedikitpun anak bisa keluar rumah atau keluar dari sekolah tanpa mendapat izin dan anak harus mendapat pengawasan dari orang-orang terdekatnya.

“Jangan mudah percaya kepada orang-orang yang baru saja kita kenal, patut curiga. Intinya kita harus saling mengawasi diantara masyarakat.”Pungkas Dhanang. LN-RED

banner 300x250

Related posts

banner 468x60