Mardani : Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pengusaha Muda Harus Punya Konsep

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews — Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) harus bisa menciptakan pengusaha by design dan memiliki karakter kuat. HIPMI juga telah melahirkan banyak pemimpin di berbagai bidang, bukan hanya di dunia usaha, tapi juga pemimpin di level daerah hingga nasional eksekutif dan legislatif yang saat ini banyak diisi oleh kader-kader HIPMI.

Hal itu dikatakan calon Ketua Umum HIPMI Mardani H. Maming saat Debat Final Calon Ketua Umum (Caketum) HIPMI dalam rangkaian Musyawarah Nasional (Munas) HIPMI XVI periode 2019-2022 sampai di acara Debat Final Calon Ketua Umum (Caketum) HIPMI di Studio 1 Menara Kompas, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam debat final tersebut, Caketum HIPMI nomor 4, Mardani H. Maming mengatakan, mental generasi muda Indonesia yang terutama di HIPMI ini harus benar-benar punyai sifat patriot, sifat nasionalisme, dan memiliki gagasan besar untuk memberikan perubahan yang lebih baik kedepan secara Nasional. “Karena di semua lini pemimpin sekarang adalah kader HIPMI dulunya. Ini yang harus kita jaga,” ujar Wakil Bendahara Umum BPP HIPMI ini.

Namun, menurut Mardani, yang lebih penting adalah bagaimana mempersiapkan HIPMI ke depan untuk terus berkontribusi menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan sesuai pasal 33 UUD 1945.

HIPMI juga perlu sekali menata mindset generasi muda ke depan serta menumbuhkan mental mereka untuk menjadi seorang wirausaha yang punya fondasi nasionalisme kuat.

“Jadi kalau sudah punya mindset pengusaha harus dilandasi dengan nasionalisme yang kuat. Pengusaha nasional kita, pengusaha muda kita dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini harus punya konsep. Kita yang jadi pemain utama, bukan karena ada investasi asing kepemilikan kita menjadi sedikit, kita tekan mereka untuk di bawah koordinasi kita. Ini menjadi bagian dari startegi menjaga kedaualatan negara,” kata Mardani.

Mantan Bupati Tanah Bumbu ini juga memaparkan, HIPMI ingin Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain di dunia.

Dengan mempersiapkan generasi muda saat ini adalah asset paling berharga yang di miliki suatu bangsa, jadi memang harus di siapkan sejak dini karena kita memang harus bisa berperan untuk negara Indonesia ini.

“Program HIPMI go to school dan go to campus akan di lanjutkan dan di perbaiki secara teknis agar dapat berjalan lebih baik lagi dan bisa membawa dampak terhadap generasi muda Indonesia yang berkarakter kewirausahaan karena kita harus bisa menjadi Tuan di negara kita sendiri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Mardani H. Maming, S.H., kelahiran Batulicib, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Selain pernah menjabat Bupati Tanah Bumbu periode 2010–2015 dan 2016–2018, Mardani juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Fraksi PDIP periode 2009–2010.

Karena prestasinya, Mardani dipercaya menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) (2015–2020). LN-RED

Tue Sep 10 , 2019
Jakarta, LiraNews —- Ketua Presidium Aliansi Pekerja Indonesia (API) HM. Jusuf Rizal ajak Pekerja dan Serikat Pekerja penuhi permintaan Pemerintah Jepang yang membutuhkan tenaga trampil dari Indonesia, khususnya di Bidang Industri Otomotif dan Makanan. Pemerintah Jepang juga bersedia untuk melakukan pelatihan bahasa Jepang dan Avocasi untuk meningkatkan kemampuan para pekerja. […]