Masjid Abdurrahman Parepare Perpaduan Timur Tengah dan Budaya Lokal

Rancangan Masjid Abdurrahmah Parrepare

Parepare, LiraNews — Kompol H.Muhabar, S.Ag sehari-harinya sebagai Kapolsek Ujung Resort Parepare, keluarga besar beliau bersepakat untuk mewakafkan sebidang tanah dengan luas 1108 m² di daerah Minrulangnge Kelurahan Bumi Harapan Kecamatan Bacukiki Barat.

Tanah ini telah lama dibeli untuk lokasi pembangunan masjid. Meskipun telah diratakan bahkan pondasi masjid sudah dibangun namun tidak berlanjut.

Penulis tanpa sengaja bertemu dengan Kompol H.Muhabar di depan rumahnya di Jalan Bau Massepe.Saya mengingatkan beliau Pak Aji jangan terlalu asyik membangun rumah tetapi lupa membangun masjid. Beliau mengajak saya untuk berbicara dengan istrinya Hj.Miani.

Di sela-sela perbincangan istri Pak Muhabar menyahut dek aji saya punya tanah mau dibangunkan masjid. Tolong saya dibantu untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Dengan kelapangan hati keluarga Kompol H.Muhabar bersama istrinya menyerahkan sertifikat sebidangg tanah ke PCNU Parepare. Dengan harapan di tempat itu akan dibangun masjid meskipun agak kecil.

Pihak PCNU Parepare menerima amanah tersebut selain masjid akan dibangun asrama santri untuk dijadikan Pondok Pesantren Istana Tahfidzul Qur’an 03 PCNU Parepare.

Malam laelatu ijma’ atau malam jum’at waktu pertemuan bagi warga NU Parepare kebetulan dilaksankan di rumah Kompol H.Muhabar. Sebelum membicarakan hal-hal tetkait dengan pembangunan masjid terlebih dahulu kami melaksanan yasinan atau membaca surah yasin.

Setelah yasinan dipimpin ustadz Mansyur salah satu penyuluh di Kementerian Agama dan ditutup dengan doa dipimpin oleh Dr.K.Agus Muhsin.

Penulis memandu acara pertemuan tersebut meminta kepada Wakif atau yang mewakafkan tanah untuk menyampaikan hal-hal yang terkait dengan pembangunan masjid.

Beliau tidak bersedia ditunjuk sebagai ketua pembangunan, dia menyerahkan penuh kepada Pengurus PCNU Pareoare untuk memanfaatkan tanah tersebut sebaik-baiknya.

Malam itu disepakati Ketua Pembangunan Masjid AMIRURRAHMAN Ponpes Istana Tahfidzul Qur’an 03 PCNU Parepare Drs.KH.IAmin Iskandar, M.Ag, saudara Fardi Sekretaris dan Ust.Mansyur bendahara. AMIRURRAHMAN merupakan perpaduan dua nama yaitu H.Amir mertua H.Muhabar & H.Abd.Rahman adalah nama orang tuanya.

Untuk mewujudkan harapan pemberi wakaf, pengurus PCNU Parepare bergerak cepat.Pada hari Sabtu melakukan kerja bakti bersama dengan adik-adik mahasiswa dari PMII dan IPNU.

Hari Ahad dilanjutkan dengan peletakan batu pertama dimulai dari wakif, Camat Bacikiki Barat, Lurah Bumi Harapan, Ketua PCNU Parepare & Kepala Urusan Agama Bacukiki Barat ditutup doa oleh Dr.K.Agus Muhsin, M.Ag.

Pada hari Senin Penentuan arah kiblat dari Tim Penentu Arah Kiblat Fakultas Syariah IAIN Parepare dipimpin oleh Ust.Karim Faiz. Setelah arah kiblat ditentukan pihak pengelola memasukkan bahan bangunan.

Atas saran dari Ketua PCNU Parepare masjid yang akan dibangun di Minrulangnge designnya tidak melupakan kearifan lokal. Sehingga masjid yang dibangun ada perpaduan model dari timur tengah dan budaya lokal.

Penulis. Rosha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *