Matangkan Desain Besar Olahraga Nasional, Menpora Laporan ke Wapres KH Ma’ruf Amin

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menemui Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin untuk membahas Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON) di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, pertemuan Menpora dengan Wapres ini dilatarbelakangi satu kondisi bahwa ekosistem olah raga Indonesia harus ditata ulang, dan itu sudah dilakukan, kemudian melibatkan banyak stakeholder, pakar, dan ahli untuk mendesainnya.

Read More
banner 300250

“Maka keluarlah Perpres tentang DBON ini, sebagai hasil penataan ulang olah raga nasional,” jelasnya.

Kenapa harus melapor ke Wakil Presiden? Masduki menjelaskan karena ternyata Ketua Tim Koordinasi DBON Pusat itu adalah Wakil Presiden. Sedangkan Menpora adalah Ketua Harian maupun Pelaksana Harian, serta banyak menteri lain yang juga terlibat.

“Tugasnya dalam hal ini adalah bagaimana mengkoordinasi olar aga nasional agar fokus. Selama ini semau ditangani, dan banyak habis biaya tapi out put-nya tidak maksimal,” papar Masduki.

Dengan demikian, ia menjelaskan akhirnya dilakukan penataan ulang yang akan fokus pada 14 cabang olah raga yang Indonesia punya keunggulan, seperti Bulutangkis, Angkat Besi, Panjang Tebing, Atletik dan sejumlah cabang olah raga lainnya.

“Ini sangat penting, dan pak Menpora melaporkan sekaligus meminta arahan dari Wapres. Kemudian diperintahkan segera menyelenggarakan rapat koordinasi terkait semua stakeholder. Akan segera rapat bersama dikoordinasikan oleh Wapres,” jelasnya.

Selain itu, Masduki menuturkan pertemuan Menpora dengan Wakil Presiden juga membicarakan tentang organisasi anti doping internasional atau WADA. Menpora melaporkan secara garis besar fokus menangani bagaimana caranya mematuhi seluruh aturan WADA.

“Itu sekarang sudah dilakukan oleh Menpora. Supaya kemudian ada komunikasi yang baik agar jangan sampai ada sanksi. Itulah yang jadi fokus Menpora mendesain agar masalah ini segera tertangani dan selesai sehingga Indonesia bisa normal lagi tanpa ada sanksi dari WADA,” tuntas Masduki Baidlowi, Jubir Wakil Presiden.

Related posts