Mendagri Tjahjo Kumolo Ditunjuk Jadi Plt Menkumham

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews –  Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai pelaksana tugas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Tjahjo akan mengisi posisi yang ditinggalkan Yasonna Laoly yang hari ini dilantik sebagai anggota DPR RI 2019-2024.

Dalam pernyataan resmi Puspen Kemendagri, penunjukkan itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 99/P/ Tahun 2019 tertanggal 30 September 2019.

Dalam surat keputusan itu tertulis Mendagri Tjahjo Kumolo ditunjuk sebagai pelaksana tugas, wewenang, dan tanggung jawab sebagai Menkumham Kabinet Kerja I sampai berakhirnya masa jabatan periode 2019.

“Saya sebagai pembantu Presiden siap melaksanakan tugas sebagaimana keputusan Presiden tersebut dengan penuh tanggung jawab. Terima kasih perhatiannya,” kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (01/10/2019).

Pekan lalu, Yasonna mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menkumham. Ini lantaran yang bersangkutan terpilih sebagai anggota DPR RI 2019-2024.

“Hal ini berkaitan dengan terpilihnya Saya sebagai Anggota DPR Republik Indonesia Dapil Sumatera Utara I serta tidak diperbolehkan rangkap jabatan…,” tulis surat Yasonna dalam surat pengunduran dirinya.

Hal tersebut sesuai dengan Pasal 23 UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Inti dari beleid itu adalah menteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.  LN-RED

Tue Oct 1 , 2019
Probolinggo, LiraNews – Pembangunan sell sanitary landfill di Kota Probolinggo disoal. Pasalnya, proyek senilai 3,7M itu disinyalir menggunakan pasir urug yang berasal dari tambang ilegal. “CV. Hadi Pusaka menggunakan pasir urug dari tambang ilegal di Desa Purut Kecamatan Lumbang,” kata Fathollah, ketua LSM Probolinggo Corruption Watch (ProCW), Selasa (01/09/2019). Hal […]