Meneropong Layanan Kiu Sembilan Ala Pak Pos, Paket Kiriman Sampai Cuma 9 Jam

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews – Luncurkan Q9 (dibaca; Kiu Sembilan), Layanan Terbaru milik PT Pos Ini mengklaim ‘Paket Kiriman Sampai Cuman 9 Jam’. Launching Q9 dilakukan tepat hari Senin (9/9/2019), jam menunjukkan pukul 09.00 Wib. Tampak pantauan kru Liranews.com PT Pos Indonesia (Persero) mengeluarkan layanan baru yang sangat mendukung kelancaran usaha para pebisnis Online yakni Q9 (Kiu Nain-red). Q9 diluncurkan untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi, dan memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya para pebisnis Online yang ingin memanjakan pembeli dengan pengiriman yang cepat, aman, dan praktis.

Ibu Yuni, pebisnis online shop tas dan sepatu, menyambut baik peluncuran Q9 PT Pos Indonesia. Ia mengatakan bahwa maksimal memasarkan dagangannya di internet pada pukul 15.00 dan mengirimkan pesanan minimal 30 barang dari toko online-nya per hari.

“Saya maksimal memasarkan dagangan di internet pukul 03.00 sore. Layanan pengiriman sangat membantu usaha saya. Kebanyakan pesanan di toko saya dari dalam kota,” ujar Bu Yuni.

Dapat dilihat dari hal tersebut, peluang bisnis dan permintaan pasar dari jasa pengiriman barang masih bagus. Berdasarkan riset pun, 60 persen orderan online merupakan kiriman lokal atau satu kota saja. Oleh karena itu, Pos Indonesia menjawab tantangan ini dengan meluncurkan Q9 sebagai layanan terbarunya.

“Q9 ini daya dorongnya datang dari ecommerce. Nah, pembeli ecommerce itu umumnya ingin membeli barang, kalau kita perhatikan dari riset yang ada itu, dalam satu kotanya dia. Kenapa? Karena kalau ada salah, lebih mudah kan digantinya. Itu kenapa kita mau memperkuat Q9 di dalam kota,” tutur Direktur Komersial PT Pos Indonesia Charles Sitorus di acara Peluncuran Q9, di Kantor Pos Jakarta Selatan.

Perlu diketahui, Layanan Q9 limit maksimal 9 jam. Batas akhir pengiriman (cut off time) untuk layanan Q9 sampai pukul 16.00 waktu setempat. Tarif kiriman Q9 dihitung per-kg, dengan tingkat berat maksimal paket 5 kg. Ada Empat manfaat bila menggunakan Layanan Q9 milik PT Pos Indonesia (Persero), diantaranya:

Pertama, loket-loket Kantor Pos dan Agenpos Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 1500 261.

“Bapak Ibu pebisnis online silakan duduk di rumah, telepon saja ke nomor 1500261. Nanti customer service kami akan menjawab permintaaan Bapak Ibu sekalian mengenai layanan pick-up service ini. Yang jemput ialah O-Rangers dengan baju hijau,” tutur Oni Hadiono Kepala Regional PT Pos DKI Jakarta.

Kedua Promo Gratis Ongkir, hingga akhir Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba pada hari yang sama.m

kiriman tidak bisa disampaikan dalam waktu 9 jam karena kesalahan teknis dari PT Pos Indonesia, maka promo gratis kepada Bapak Ibu pebisnis online untuk gratis mengirim di hari berikutnya atau kapan pun,” jelas Oni.

Ketiga, Q9 membuka layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim. Layanan ini dilengkapi dengan aplikasi payment PosGiro Mobile. Nah, kami berharap orang akan semakin memercayai PT Pos Indonesia ya. Di dalam Q9 selain layanan sampai pukul 4, 9 jam maksimal sampai, dan COD. COD pebisnis online sekarang butuh ya. Jadi pebisnis online itu kan membutuhkan jaminan bahwa uangnya diterima. Pembeli membutuhkan jaminan bahwa kalau dia kirim, barangnya sampai. PT Pos menjawab kedua hal ini. Itu yang kita harapkan ke depan,” urai Charles Sitorus.

Keempat, tersedia notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman diposkan melalui Ioket KantorPos, O-Ranger, maupun Agenpos.

“Jadi begitu kiriman dijemput dan diantar O-Rangers, mereka sudah menggunakan layanan E-POD, satu layanan dari PT Pos Indonesia yang menggunakan gadget atau HP. Penerimaan nanti bisa difoto. Kemudian langsung diberi update status di lokasi penerima kiriman. Nah bagi penerima maupun pengirim akan menerima notifikasi bahwa kirimannya sudah sampai,” tutur Oni.

 

Pos Indonesia juga menghadirkan figur maskot bernama Mr Q untuk menggambarkan karakter produk Q9. Mr. O digambarkan sebagai sosok mileniai yang smart, ramah, gesit, dan profesional.

Perkembangan teknologi informasi, adanya kebutuhan masyarakat untuk dapat mengakses layanan jasa kurir dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja, serta disruption yang terjadi pada industri ecommerce di Tanah Air menjadi tantangan tersendiri pagi Pos Indonesia untuk terus bertransformasi dan merelevankan seluruh Iini bisnisnya untuk menjawab tantangan tersebut.

“Bagi para pebisnis online dan pelaku UKM, aspek kecepatan, keamanan dan kepraktisan pengiriman barang menjadi bagian penting dari kesuksesan usaha. Saat ini permintaan pasar terhadap layanan lokal dalam kota yang dapat dikirim pada hari yang sama pun semakin tinggi,” jelas Ihwan Sutardiyanta, Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia, dalam konferensi persnya, di Kantor Pos Indonesia, Jl. Asia Afrika, Bandung ditempat terpisah.

“Layanan kiriman Pos Indonesia yang kita luncurkan hari ini untuk memenuhi kebutuhan bisnis online, keunggulannya bisa sampai di hari yang sama, dilayani dari jam 8 sampai dengan jam 4 sore, dapat dilakukan di semua kantor pos terdekat, dan bisa di pick up PT. Pos Indonesia oleh tim O-Ranger Indonesia,” jelas Helly Siti Halimah, Kepala regional 5 Jabar Banten PT. Pos Indonesia. LN-RED

 

Tue Sep 10 , 2019
Banten, LiraNews – Kabupaten Serang. Sebanyak 300 personel Satuan Brimob Polda Banten melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan di Lapangan Mako Satuan Brimob Polda Banten, dipimpin oleh Wadansat Brimob Polda Banten AKBP Elvianus Laoli, Selasa, (10/09/2019). Wadansat Brimob Polda Banten AKBP Laoli, mengatakan, pelaksanaan kegiatan gelar pasukan dan peralatan Satuan […]