Mengenal Fungsi Lembaga Bantuan Hukum Peradi Perjuangan

Sekjen Peradi Perjuangan, Ir.Gerson P Nggadas, S.H

Oleh: KRH Aryo Gus Ripno Waluyo, SE, SP.d, S.H, C.NSP, C.CL, C.MP

Malang, LiraNews – Pada Undang-Undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, mengartikan bahwa bantuan hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara cuma-cuma kepada Penerima Bantuan Hukum.

Dalam aspek kemanusiaan, tujuan dari program bantuan hukum ini adalah untuk meringankan beban (biaya) hukum yang harus ditanggung oleh masyarakat tidak mampu di depan Pengadilan.

Jenis Layanan Bantuan Hukum

Penyuluhan hukum, Konsultasi hukum, Investigasi perkara, baik secara elektronik maupun nonelektronik, Penelitian hukum, Mediasi, Negosiasi, Pemberdayaan masyarakat, Pendampingan di luar pengadilan.

Penyelenggaraan pemberian Bantuan Hukum kepada warga negara merupakan upaya untuk memenuhi dan sekaligus sebagai implementasi negara hukum yang mengakui dan melindungi serta menjamin hak asasi warga negara akan kebutuhan akses terhadap keadilan (access to justice) dan kesamaan di hadapan hukum (equality before the law).

Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum.

Pemberian Bantuan Hukum secara Nonlitigasi dapat dilakukan oleh Advokat, paralegal, dosen, dan mahasiswa fakultas hukum dalam lingkup Pemberi Bantuan Hukum yang telah lulus Verifikasi dan Akreditasi. Pemberian Bantuan Hukum harus memenuhi Standar Bantuan Hukum yang ditetapkan dengan Peraturan Menteri.

Di jelaskan oleh Ir.Gerson P Nggadas, S.H yang juga Sekjen Peradi Perjuangan ini, bagi masyarakat dimana saja jika menghadapi masalah hukum bisa mencari LBH yang sudah di bentuk oleh Organisasi Advokat dari Peradi Perjuangan, Alhamdulillah LBH kita sudah adadi beberapa daerah,selalu siap dan terbuka untuk masyarakat yang mencari keadilan.

Untuk memperoleh bantuan hukum secara gratis, pemohon harus memenuhi syarat-syarat: mengajukan permohonan secara tertulis yang berisi sekurang-kurangnya identitas pemohon dan uraian singkat mengenai pokok persoalan yang dimohonkan bantuan hukum; menyerahkan dokumen yang berkenaan dengan perkara.

Bantuan hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh pemberi bantuan hukum, termasuk advokat pada Lembaga Bantuan Hukum (LBH), secara cuma-cuma atau tidak berbayar kepada penerima bantuan hukum atau klien yang tidak mampu.

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara cuma-cuma kepada Penerima Bantuan Hukum.Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin.

Penyelenggaraan Bantuan Hukum di Indonesia memang sudah berjalan dengan baik, namun dalam hal pemberian layanan bantuan hukum kepada kaum marjinal masih kurang merata, hal ini perlu adanya perhatian khusus dari kita, selain itu masih belum terpenuhinya paralegal yang dibutuhkan juga harus menjadi PR bagi kita Bersama.

Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pemberian bantuan hukum kepada masyarakat miskin adalah: 1) Mengalokasikan dana untuk pelaksanaan pemberian bantuan hukum bagi masyarakat miskin. 2) Meningkatkan ketersediaan pemberi bantuan hukum bagi masyarakat miskin. 3) Meningkatkan sumber daya manusia.

Sedangkan dalam SEMA No. 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum, Pasal 27 dinyatakan bahwa yang berhak mendapatkan jasa dari Pos Bantuan Hukum adalah orang yang tidak mampu membayar jasa advokat terutama perempuan dan anak-anak serta penyandang disabilitas, sesuai peraturan perundang-undangan yang ada.

Bantuan Hukum diberikan kepada Penerima Bantuan Hukum yang menghadapi masalah hukum. (2) Bantuan Hukum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi masalah hukum keperdataan, pidana, dan tata usaha negara baik litigasi maupun nonlitigasi.

Pasal 18 ayat (4) menyatakan bahwa seseorang berhak mendapatkan bantuan hukum sejak penyidikan sampai dengan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Pelaksana Bantuan Hukum adalah Advokat, Paralegal, Dosen, dan/atau Mahasiswa Fakultas Hukum yang terdaftar dalam Pemberi Bantuan Hukum. Untuk masyarakat pencari keadilan atau ingin bantuan hukum silakanmencari LBH Peradi Perjuangan.

Related posts