Mengevaluasi Agenda Kerja Layak Dalam Sdgs

  • Whatsapp
banner 468x60

Liranews.com – BOGOR – Direktur Kantor ILO Jakarta,  Ms. Michiko Miyamoto  mengadakan pelatihan mengevaluasi agenda kerja layak dalam SDGs ( Sustainable Development Goals )  di Hotel Swiss Bell Bogor Jl. Salak no.38-40 Bogor.23/5/2019. Salah satu narasumber Mr. Ariel B Castro, Wokers Specialist ILO Geneva, Panitia penyelenggara Lusiani Julia dan Irham Saifuddin, Programme Officer ILO Jakarta  memaparkan bahwa  Tujuan pelatihan ini adalah untuk memahami kerangka SDGs krakteristik dan persyaratan untuk menindaklanjuti serta mereviu kemajuan yang dibuat dalam rangka kerja layak ditingkat nasional dan memahami pelaksanaan dan proses monitoring serta evaluasi dalam SDGs dan agenda kerja layak nasional Decent Work Country Programme ( DWCP ). Pelatihan ini difasilitasi  Tim ILO dari Bangkok dan Jenewa yang yang bertugas dalam program monitoring dan evalusi dan SDGs.

Pelatihan ini diikuti oleh unsyur SP/SB dan NGO  50 orang  yang cukup aktif dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari (23-24 Mei 2019). Dalam diskusi kelompok lebih menyoroti para tenaga kerja Informal yang dianggap rentan dari perlindungan tenaga kerja.  Mengingat keterlibatan Sp/sb yang cukup aktif dalam DWCP dan untuk monitoring rencana pelaksanaan “ Pekerja layak “ yang diharapkan kondisi dan syarat-syarat kerja dapat terlaksana dengan sebagaimana mestinya. Khusus bagi tenaga kerja informal yang dianggap belum terjangkau dari perlindungan syarat-syarat kerja baik perlindungan jaminan sosial maupun jaminan kesehatan.

Pada bagian akhir para peserta sangat mendukung program SDGs terutama tujua 8  khususnya pertumbuhan ekonomi yang padat karya, bukan padat modal. Hal tersebut terungkap dalam diskusi kelompok, dengan pertimbangan saat ini jumlah pengangguran masih sangat tinggi bila padat karya secara otomatis akan tercipta lapangan kerja yang pada akhirnya akan terwujud “ Pekerjaan yang layak bagi semua “. (MI) 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60