Menteri KKP Trenggono dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Kunjungi Perusahaan Teknologi Satelit di Prancis

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews – Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengunjungi kantor pusat Collecte Localisation Satellites (CLS) di Toulouse, Perancis, (2/11/2021).

“Dalam pertemuan ini, manajemen CLS menawarkan untuk melanjutkan kerjasama dengan KKP, diantaranya dalam bentuk pengawasan maritim berbasis teknologi kecerdasan buatan dan machine learning,” ungkap Menteri KKP Trenggono, seperti disampaikan dalam akun twitter pribadinya, Rabu (3/11/2021).

Read More
banner 300250

Menteri KKP Trenggono menjelaskan bahwa CLS dikenal sebagai penyedia pusat pengelolaan dan prakiraan sumber daya laut bagi proyek Infrastructure Development Space Oceanography (INDESO).

Perusahaan ini merupakan salah satu anak perusahaan dari Badan Ruang Angkasa Pemerintah Perancis (CNES – Centre National d’Etudes Spatiales).

Salah satu keahlian perusahaan ini di bidang pengumpulan data dan lokasi dengan menggunakan satelit, serta observasi dan pemantauan lautan.

Dalam proyek INDESO (2012-2017), CLS menyediakan infrastruktur yang meliputi sistem, fasilitas akuisisi (stasiun), fasilitas penjadwalan dan pemrosesan, arsitektur (bangunan), model-model prakiraan dan semua data satelit.

“Teknologi mutakhir memang dibutuhkan untuk mendukung roadmap ekonomi biru, dan KKP dipastikan akan mengadopsi yang terbaik di bidangnya,” jelas Menteri KKP Trenggono.

Related posts