Menteri KKP Trenggono Tantang Produsen Kapal Ternama Asal Spanyol Bekerjasama

Gravatar Image
  • Whatsapp

Spanyol, LiraNews – Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono bersama rombongan mengunjungi kantor perusahaan kapal ternama Spanyol yang berlokasi di kota Vigo, Freire Shipyard, Jumat (29/10/2021).

Dikutip dari akun twitter pribadinya, Sakti Wahyu Trenggono menjelaskan bahwa Freire adalah sinonim atau istilah kata untuk inovasi dalam pembuatan kapal.

Read More
banner 300250

“Construcciones Navales P. Freire¬†adalah perusahaan milik keluarga yang didirikan pada tahun 1895 oleh Paulino Freire di Vigo (Spanyol),” jelas Trenggono.

Saat ini, lanjutnya, Freire membangun dan memperbaiki kapal lepas pantai, oseanografi, hidrografi, penelitian dan penangkap ikan yang sangat kompleks serta kapal pesiar mewah, kapal tinggi, kapal patroli, dan kapal tunda untuk pemilik yang paling menuntut di seluruh dunia.

“Salah satu yang dikenal di Indonesia, kapal buatan galangan ini adalah kapal latih TNI AL dalam bentuk kapal layar tiang tinggi (tall ship), KRI Bima Suci,” tutur Trenggono.

Dalam kesempatan diskusi dengan manajemen perusahaan, Trenggono menantang mereka untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam menghadirkan kapal patroli perikanan yang memiliki panjang 60 meter dengan dilengkapi persenjataan dan kemampuan teknologi yang mumpuni.

Tak hanya itu, ia juga tertarik dengan kemampuan galangan ini dalam membangun kapal Riset Oseanografi yang bisa digunakan untuk penelitian dan marine survey.

“Semoga KKP dibantu Bappenas, dan perusahaan galangan kapal lokal, bisa mewujudkan kerjasama dengan perusahaan ini untuk menjaga kekayaan laut Indonesia,” tuntas Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP.

Related posts