Menyusul Indonesia. Pemerintah Fiji Usir Penipu Lewat Telepon Dari China

  • Whatsapp
banner 468x60

Fiji, LiraNews.com – Setelah pekan lalu Indonesia memulangkan ratusan warga negara China yang diduga melakukan penipuan, kali ini Fiji juga memulangkan sebanyak 77 warga China yang ditangkap melakukan penipuan lewat telepon yang para korbannya menderita kerugian miliaran dolar.

Sebuah pesawat carter milik China Southern Airlines yang membawa para tersangka itu dikawal oleh polisi China mendarat di Changchun, ibu kota Provinsi Jilin, di bagian timur laut China, pada Sabtu (5/8/2017), menurut Kementerian Keamanan Publik di laman resminya.

Para tersangka itu telah mengeruk keuntungan dari orang-orang yang mereka tipu sebesar enam juta yuan (900.000 dolar AS), kata kementerian itu.

Pihak berwenang China mengatakan kelompok-kelompok begundal yang berkedudukan di Taiwan berada di belakang banyak aksi kejahatan itu dan mereka mencatat 590.000 kasus pada tahun 2015. Warga China yang berada di daratan juga ditipu senilai lebih 10 miliar yuan oleh orang-orang Taiwan melalui aksi-aksi penipuan lewat telepon tiap tahun, kantor berita China Xinhua melaporkan.

Media negara China telah menyalahkan hukuman lemah yang diberlakukan di Taiwan, dan mengatakan para pelaku yang berbahasa China dari Taiwan melakukan operasi-operasi di Afrika Timur dan Asia Tenggara. LN-DIT

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60