Meski Tak Dihadiri Bupati, Halal BI Halal Pohuwato Bersatu Sukses

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Pohuwato Bersatu, “Moambuwa Momongu Lipu”, adalah gagasan yang sangat brilian oleh beberapa tokoh-tokoh asal Pohuwato, salah satunya adalah orang yang pernah menjadi calon Bupati Pohuwato pada tahun 2010, yakni Hasan Lamadupa. Walau pun dadakan, namun acara yang berlangsung sederhana di Rest The Joglo Kranggan, Cibubur Minggu (30/5) itu terbilang sukses.

Hal itu dibuktikan banyak warga Pohuwato rantau yang datang, bahkan mereka yang sudah dekat dengan Pohuwato karena memiliki kekerabatan dengan orang Pohuwato, seperti keluarga, Rumampuk, Gobel, Pakeu, Usman, Lamadupa, Bouty, Nusi, Pakaya, Yunus, Olii, Inaku, Hunow, Panyili, Yusuf, Ahmad, Uloli, Wahab, Datau, Yasin, Bumulo dan masih banyak lagi.

Hidangan yang disajikan tentu tidak jauh dari menu khas Gorontalo, seperti Milu Siram, ikan bakar dll. Kue juga seperti Beapong, Popolulu, Tutulu (cucur), Sanggala (pisang goreng), Wapili, Onde-onde, Dadar, Balapisi (kue lapis) dll.

Demikian dengan lagu-lagunya, banyak menampilkan lagu-lagu Gorontalo seperti Hulondalo Lipuu (Gorontalo kampungku), Atiolo Timama (Kasihan Mama) dan lain-lain.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras sehingga acara Halal Bi Halal terlaksana dengan baik walau sederhana, “ujar Dewan Pelindung dan Penasehat Pohuwato Bersatu Hasan Lamadupa.

Penyelenggaraan Halal Bi Halal yang baru pertama kali diadakan, kata Hasan, pihak panitia sudah melayangkan undangan resmi kepada Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato Saiful Mbuinga dan Suharsih Igirisa. Namun keduanya tidak sempat hadir karena ada tugas mendesak atau penting lainnya.

“Insya Allah pada acara berikutnya Pemda Pohuwato bisa hadir, bisa bersilaturahmi dengan warga Pohuwato rantau di Jabodetabek. Kami juga akan mendirikan sekretariat Pohuwato Bersatu di Jakarta, Insya Allah, “ujar Hasan

Selain itu, Mayjen P. Afanti Uloli menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara Halal Bi Halal yang mengundangnya, sehingga bisa bersilaturrahmi langsung dengan warga Pohuwato.

Membicarakan Pohuwato, bagi lelaki yang pernah bertugas di Rusia selama 3 tahun, sebenarnya tidak asing lagi. Saat masih sekolah di SMAN 1 Kabila dia ikut Perseni di Kecamatan Paguat. Kemudian, saat bertugas di Jakarta dan beberapa daerah lainnya pun, Pohuwato yang kaya SDA itu sering dikunjungi saat melakukan perjalanan dinas.

Dia lalu menyinggung lokasi penyelenggaraan Halal BI Halal Pohuwato Bersatu yang asri. Dia baru menyadari ternyata lokasinya ini tidak jauh dari rumahnya dikawasan Cibubur.
Tempatnya memenuhi persyaratan protokol kesehatan, luas tidak menciptakan kerumunan.

“Kalau saya tahu, lokasinya seperti ini, isteri saya ajak, hehe. Tapi yang jelas saya menghimbau pada warga Pohuwato rantau atau siapa pun, tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena saat ini saya juga membantu penanganan Covid-19 di pusat, “ujar Afanti.

Sementara Ketua Panitia Halal BI Halal Pohuwato Bersatu Jevri Gobel atau yang biasa disapa Jego, mengaku tidak menyangka banyak warga Pohuwato yang hadir.

“Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik. Terselenggara acara ini persiapannya hanya dalam waktu seminggu. Kami menyampaikan terima kasih atas apresiasi acara ini, ” kata Jego saat dihubungi kembali media ini pada Senin (31/5/2021).

Tujuan pembentukan Pohuwato Bersatu, yakni mempererat tali persaudaraan, menjalin silaturrahmi. Selama ini, kata dia, tidak pernah warga Pohuwato mengadakan acara Halal Bi Halal di wilayah Jabodetabek. Yang ada adalah keluarga besar Lamahu dan KKIG. Karena pademi Covid-19, kedua organisasi kekeluargaan tersebut hingga kini belum adakan Halal Bi Halal.

“Semoga diadakannya Halal Bi Halal ini, warga Pohuwatk rantau bisa terkoordinir, terarah serta terkontrol keadaan satu dengan lainnya, agar bisa menjalankan roda kehidupan dimasa pandemi, “tambahnya.

Selain itu, Pohuwato Bersatu bisa mendorong pemerintah daerah Pohuwato khususnya, agar lebih memperhatikan warga Pohuwato yang ada dirantau, meningkatkan mutu pendidikan diera digitalisasi serta menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan yang bermoral, beraklaq dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Untuk lebih dekat lagi dengan warga Pohuwato maka saya sepakat dengan pengadaan KTA dan kegiatan sosial. Termasuk arisan sebulan sekali, “tandas Jego sambil mengucapkan terima kasih pada pihak sponsor terlibat seperti AKBP Halim Rasyid, Nining dan Man Razak.

Berikut susunan pengurus, kepanitiaan Halal Bi Halal Pohuwato Bersatu yang digagas oleh beberapa tokoh Pohuwato di Jakarta.

1. Ketua Jevri Gobel
2. Sekertaris Birawa Urun Lamadupa
3 Bendahara Rugaia Pakeu

Anggota
1. Arter Lukou
2. Rini Rumampuk Datau
3 Bung Yos
4 Ust. Gunawan Lamadupa

Pelindung dan Penasehat
1. Hasan Lamadupa
2. Ishar Rasimin
3. Fien Rumampuk
3. Abdan
4. Norma Inaku
5. Sepu. LN-AZA.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60