Meutya Hafid Ingatkan Pentingnya Medsos untuk Perluas Pasar UMKM

JAKARTA – Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafidmengatakan sektor UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam mencapai pertumbuhan perekonomian Indonesia. Menurutnya, media sosial menjadi sarana penting bagi para pelaku usaha memperluas pasar mereka.

Hal itu disampaikan Meutya Hafid dalam keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Strategi Pengembangan UMKM Melalui Media Sosial, yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (8/5).

Read More

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek.

Adapun nara sumber webinar ini adalah, Trainer Market Place, Qonitah Az Zahra, Public Relations Specialist, Fikry Hendra dan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker.

Meutya Hafid yang juga politisi senior Partai Golkar mengatakan di era digital yang semakin maju saat ini, media sosial menjadi salah satu alat yang paling penting dan efektif dalam dunia bisnis.

“Media sosial bukan hanya tempat untuk menghubungkan orang satu sama lain, tetapi juga menjadi platform yang sangat berguna bagi perusahaan dan pelaku bisnis untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan penjualan,” ujarnya.

Oleh karena itu, para pengusaha dan pelaku bisnis harus mempertimbangkan penggunaan medsos sebagai alat penting dalam strategi pemasaran dan pengembangan bisnis mereka.

Sementara itu Trainer Market Place, Qonitah Az Zahra yang membuka usaha busana muslim bernama Qonita Project mengatakan salah satu yang terus membantu bisnisnya tetap berjalan adalah teknologi, yaitu melalui marketplace.

Pelacakan Langsung membantu Qonitah menjaga kepercayaan pelanggan karena ia dapat memantau proses pengiriman dengan masuk ke tautan yang otomatis akan dikirimkan ke aplikasi pada saat proses pengantaran.

Di tempat yang sama, Public Relations Specialist, Fikry Hendra mengatakan UMKM memiliki peran vital dalam memperkuat perekonomian suatu negara, menciptakan lapangan kerja serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Menurut Fikry Hendra, strategi pengembangan UMKM melalui media sosial salah satunya bisa dilakukan dengan cara memahami target pasar dan pesaing. “Perlu penelitian target pasar dimana menganalisis kekuatan, kelemahan dan peluang pesaing,” ujarnya.

Di samping itu juga perlu membangun profil dsn strategi media sosial yang sesuai. “Pilih platform media sosial yang relevan serta buat profil bisnis yang menarik ” jelasnya.

Related posts