Mitos Arti Kejatuhan Cicak

Gravatar Image
  • Whatsapp

Oleh : KRH Gus Ripno Waluyo, SE, SP.D, S.H, C.NSP, C.CL, C.MP *)

MALANG, LiraNews – Diantara banyak mitos yang pernah kita dengar, mitos tentang arti kejatuhan cicak di kepala mungkin adalah salah satu yang paling banyak dipercaya. Dalam mitos ini disebutkan bahwa barang siapa kepalanya kejatuhan cicak, maka alamat ia akan memperoleh suatu kesialan atau musibah dalam waktu dekat.

Read More
banner 300250

banner 300250

Cicak tidak bisa dianggap sebagai hewan pembawa sial, begitupun orang, hewan atau benda lainnya. Kalaupun benar terjadi musibah setelah kejatuhan cicak, maka itu atas kehendak Allah bukan karena si cicak. Cicak hanyalah makhluk biasa yang tidak punya kuasa apapun untuk menurunkan musibah pada sesama makhluk.

Kepercayaan kejatuhan cicak tersebut sudah mendarah daging sampai sekarang. Menurut primbon Jawa, apabila seseorang mengalami insiden kejatuhan cicak di kepala, maka mitos yang beredar tersebut sangatlah benar. Seseorang yang mengalami insiden kejatuhan cicak di kepala merupakan pertanda bahwa hari-harinya akan sial.

Dalam primbon Jawa maupun hindu, kejatuhan cicak adalah pertanda buruk berupa kesialan atau tanda bahwa akan muncul seseorang yang akan mengganggu ketenangan hidup.

Selain menjadi konsumsi obat tradisional, cecak juga memiliki sejuta manfaat sebagai obat – obatan, yang dipercaya dapat mengobati asma, gatal-gatal atau penyakit kulit, wasir, gangguan pencernaan, hingga dapat mengobati kanker. Selain itu, cecak kering juga digunakan untuk kecantikan dan bahan baku pakan ikan.

Cicak membawa bakteri Salmonella ini bari kontaminasi dengan kotoran hewan yang menempel pada tubuh cicak. Sehingga saat cicak terkontaminasi kotoran hewan, maka akan membawa bakteri Salmonella ke dalam rumah.

Bahkan, ada yang memanfaatkan hewan ini untuk mendapatkan uang. Padahal, tindakan tersebut bisa berakibat fatal sebab cecak miliki kandungan racun dalam tubuhnya. Racun ini bisa berakibat buruk buat manusia jika tidak segera ditangani dengan baik.

Namun, jika kamu ingin mencoba cara membuang sial akibat cicak menurut Islam, maka beberapa hal berikut inilah yang bisa kamu lakukan.

  1. Bertawakal Kepada Allah. Cara membuang sial akibat cicak jatuh yang pertama bagi seorang muslim yakni bertawakal kepada Allah Swt.
  2. Berhusnuzon Kepada Allah.
  3. Berdoa untuk Kebaikan.

Jika ada cicak yang jatuh dan nyaris mengenai tubuh, artinya kamu akan dijauhkan dari masalah dan malapetaka. Usut punya usut, kejatuhan cicak di pundak memiliki arti bahwa keluarga atau pihak yang disayang akan mengalami kesialan, semua kembali lagi pada kepercayaan kita.

Percaya atau tidak, memercayai kesialan karena sesuatu, seperti kejatuhan cicak, termasuk ke dalam tathayyur/thiyaarah. Istilah tersebut digunakan karena dulu orang-orang Arab jahiliah suka menentukan nasib mereka (keberuntungan dan kesialan) Tetep berusaha dalam kebaikan , agar kita juga mendapat keselamatan, amin

*)Tokoh Spiritualis, Budayawan, Advokat Peradi Perjuangan

Related posts