MUI Akan Gelar Rakernas V 2019 di Lombok Tengah, Ini Yang Akan Dibahas

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews – Majelis Ulama Indonesia akan menyelenggarakan  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V 2019 dengan tema “Meneguhkan Islam Wasathiyah Untuk Membangun Peradaban Indonesia”.

Acara tersebut akan diselenggarkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB pada 11-13 Oktober.

“Dalam rakernas di NTB akan banyak melakukan evaluasi kinerja MUI dari tingkat pusat hingga daerah dalam satu tahun terakhir, “ujar Wakil Ketua Umum Zainut Tauhid Saadi
seperti dikutif dari antara, dalam jumpa pers Rakernas 2019 dan Konferensi Internasional Wisata Halal di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Dalam Rakernas tersebut, tambahnya, akan dibahas soal agenda dan program kerja prioritas komisi, badan, lembaga MUI Pusat tahun 2020. Selain itu, akan ditetapkan rekomendasi dan tausiyah rakernas MUI.

Zainut menegaskan, para Rakernas itu, tidak membahas perombakan organisasi MUI, termasuk pembahasan status Ketua Umum MUI Maruf Amin. Karena hingga kini calon pengganti Makruf Amin setelah dilantik mendampingi Jokowi pada 20 Oktober nanti, belum ada.

Yang jelas, perombakan organisasi MUI bisa dilakukan dalam Munas (musyawarah nasional) melalui mekanisme pergantian antarwaktu melalui Rapat Pimpinan MUI dan Musyawarah Nasional MUI. Tapi itu akan diselenggarakan pada 2020 jika tepat waktu.

“Rakernas nanti akan dibahas konsolidasi dan soliditas organisasi dan program kerja MUI. Tidak dibahas secara spesifik perombakan struktur ormas,”kata tokoh PBNU yang diisukan menjadi calon kuat pengganti Maruf Amin.

Reporter: Abuzakir Ahmad

Wed Oct 9 , 2019
Probolinggo, LiraNews – Paska kerusuhan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang membuat beberapa warga Jatim termasuk 6 warga kramatagung kecamatan bantaran kabupaten probolinggo mengungsi ke Kota Sentani Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, sebelum memutuskan untuk pulang kampung ke daerah masing-masing di Kabupaten probolinggo. Para pengungsi itu tiba di bandara Internasional Juanda […]