Panglima TNI Tinjau Kesiapan Alutsista Untuk Pemadaman Karhutla

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dan Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S. meninjau penyiapan Alutsista 1 (satu) Unit Pesawat CN 295 yang akan digunakan dalam operasi pemadaman Karhutla wilayah Kalimantan Tengah, bertempat di Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (13/9/2019).

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI mengatakan bahwa pesawat yang dalam kesehariannya dioperasionalkan oleh Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma ini tengah dipasangi sejenis konsul tambahan.

“Pemasangan konsul tersebut bertujuan agar pesawat nantinya mampu melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yaitu menurunkan hujan buatan di wilayah yang terdampak akibat Karhutla,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Panglima TNI bahwa saat ini 1 (satu) unit pesawat C212 Casa telah beroperasi di wilayah Pekanbaru Riau untuk melaksanakan pemadaman Karhutla. “TNI tengah merencanakan pengiriman 1 (satu) unit pesawat C212 lagi dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang untuk membantu pemadaman kebakaran hutan di wilayah Sumatera,” katanya.

“Saat ini pesawat tersebut sedang menjalani Period Inspection 100 (Perawatan Berkala Setiap 100 Jam) dan diharapkan pesawat ini dapat diberangkatkan pada hari Minggu besok,” ucapnya. LN-RED

Sat Sep 14 , 2019
Merauke. LiraNews -+Setelah berhasil menggagalkan penyelundupan ribuan botol miras ilegal pada saat melakukan sweeping selama bulan Agustus yang lalu, Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad menyerahkan Barang Bukti (Barbuk) dan keterangan pelaku guna segera diproses secara hukum di Polsek Bupul Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, […]