PD Siapkan AHY Sebagai Menteri Pada Kabinet Kerja Jilid 2

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews – Wakil Ketua MPR RI dari Partai Demokrat (PD), Syarif Hasan menyatakan, partainya tengah mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menduduki menteri pada Kabinet Kerja jilid 2 mendatang.

“Memang Mas AHY yang paling menonjol saat ini sebagai representasi dari kalangan milenial Indonesia,” kata Syarif di Kompleks Parlemen, Rabu (9/10/2019).

Syarif menyebut, AHY yang merupakan putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memang tengah dipersiapkan untuk menjadi menteri pada kabinet mendatang.

“Tentunya juga sebagai kader yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa depan, Mas AHY akan selalu siap apabila diamanahkan,” tegasnya.

Selain AHY, Syarif menilai, banyak kader PD yang layak untuk duduk di Kabinet Kerja jilid 2.

“Demokrat sudah berpengalaman dan kader kadernya sudah terbentuk, jadi kalo kami diminta kami siap,” jelasnya.

Syarif berpendapat, pengalaman menjadi the ruling party selama 10 tahun, menjadikan PD sebagai partai yang telah matang dalam mengelola pemerintahan.

“PD sudah berpengalaman di pemerintahan, sepuluh tahun memerintah. Jadi sudah paham apa yang menjadi kehendak rakyat. Sehingga pada saatnya nanti apabila diminta oleh Presiden atau Wakil Presiden (Wapres) kita siap,” tukasnya.

Namun, Syarif mengatakan, PD sangat menghormati hak prerogatif dalam penyusunan kabinet.

“Partai Demokrat sangat menghargai hak prerogatif Presiden terkait kabinet. Bagi saya yang telah berpengalaman, kalau yang namanya hak prerogatif itu kita serahkan sepenuhnya kepada Presiden,” ujarnya.

Syarif menyarankan, kepada setiap pihak lebih menunggu hasil dari penyusunan kabinet kepada Presiden.

“Jadi kita tinggal menunggu, siapa yang akan dipilih Presiden sebagai pembantu-pembantunya, di kementerian apa, semuanya kita serahkan kepada Presiden. Yang jelas, PD tetap menghormati hak prerogatif Presiden,” ungkapnya.

PD Ajukan Konsep Kepada Presiden

Tidak mau ketinggalan dari Partai Gerindra, Syarif mengaku, partainya juga telah mengajukan beberapa konsep kepada Presiden Jokowi.

“Kami memiliki beberapa konsep untuk ditawarkan, jumlahnya ada 14 buah, antara lain, ekonomi (daya beli rakyat), kemiskinan, pengangguran dan lapangan pekerjaan, luar negeri, termasuk juga tentang energi,” terangnya.

Syarif menganggap, apabila ada kesamaan antara konsepnya dengan konsep pemerintah, maka yang diperlukan hanya sinergi di antara keduanya.

“Jadi sekali lagi diantara 14 program prioritas itu apabila sudah ada di program Pak Jokowi, saya pikir tinggal disinergikan saja,” sambungnya.

Syarif mengatakan, respon Presiden sangat positif terhadap konsep yang diserahkan langsung oleh AHY tersebut.

“Pemerintah sudah menerima konsep dari kami. Mas AHY yang memberikan konsep-konsep tersebut secara langsung kepada Presiden dan respon Pak Jokowi sangat positif sekali. Tentunya kita akan mensinergikan dengan program-program pemerintah,” harapnya.

Syarif menambahkan, segala kebijakan pemerintah yang pro terhadap rakyat akan didukung penuh partainya.

“Bagi PD apapun kebijakan pemerintah yang pro rakyat akan kita dukung penuh,” tambahnya.

Amandemen UUD’45

Terkait amandemen UUD’45 yang saat ini sedang dibahas di MPR RI, Syarif berpendapat, masih terlalu dini kita bahas tentang amandemen.

“Sebelum dibahas harus terlebih dahulu harus dilakukan pendalaman dan pengkajian yang lebih karena ini menyangkut masalah UUD’45,” katanya

Syarif berharap, semua pihak yang berkepentingan jangan sampai tergesa gesa dalam mengambil keputusan.

“Kita harus pelajari dan kita harus meminta pandangan dari seluruh masyarakat Indonesia, juga para akademisi, dan para stakeholder lainnya apa yang sebaiknya harus dilakukan,” pungkasnya. LN-RON

Thu Oct 10 , 2019
Lumajang, LiraNews – Operasi sikat selama 12 hari, Tim Cobra berhasil menggulung 12 pelaku kriminalitas jalanan. Adapun kasus kriminalitas yang dilanggar mulai dari Penculikan, Sajam, Jambret, Perampokan, Curanmor hingga Begal. Ke dua belas tersangka tersebut dijejer di halaman Mapolres Lumajang agar masyarakat tau bahwa inilah para pelaku kejahatan jalanan yang […]