PDIP Incar Posisi Ketua Komisi 8, 9, Dan 10 DPR RI

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews – Fraksi PDIP DPR RI menggelar rapat untuk mendengar masukan para anggota terkait Alat Kelengkapan Dewan (AKD), termasuk komisi, hari ini, Rabu (9/10/2019).

Anggota Fraksi PDIP yang juga merupakan Ketua DPR RI, Puan Maharani mengusulkan, PDIP mengambil komisi yang membidangi pendidikan dan kesehatan.

“Yang pasti, yang saya usulkan yaitu komisi yang sesuai dengan PDIP, berdekatan dengan rakyat. Kemudian kalau saya minta usul, karena saya dulu Menko PMK yang selalu berhubungan dengan bidang kerakyatan, yakni Komisi 8, 9, dan 10,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (9/10/2019).

Puan menjelaskan, formasi pimpinan AKD dari PDIP tetap akan ditentukan Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri. Puan juga mengingatkan, seluruh anggota Fraksi PDIP harus bertanggung jawab kepada rakyat.

“Kalau di PDIP secara posisi tentu saja itu kewenangan Ketum dan Ketua DPP partai. Jadi siapa pun yang ditunjuk, harus memiliki rasa tanggung jawab. Tanggung jawab dan kewajibannya itu adalah untuk bisa bermanfaat demi kepentingan rakyat ke depan,” ujarnya.

PDIP sendiri dipastikan akan mendapat 4 kursi pimpinan AKD, termasuk komisi, dan 14 wakil ketua.

Pencalonan Gibran Sebagai Calon Walikota

Terkait pencalonan Gibran Rakabuming di Pemilihan Walikota (Pilwako) Solo, Puan menganggap, putra sulung Presiden Jokowi tersebut memiliki cita-cita sendiri.

“Tanya saja kepada yang bersangkutan cita-citanya apa! Pasti semua orang itu mempunyai keinginan dan tujuan serta cita-cita. Kalau memang cita-citanya itu dianggap bisa memperbaiki Solo, itu kan bagus,” ujarnya.

Puan mengingatkan, PDIP memiliki mekanisme dalam menjaring para calon kepala daerah, meskipun yang bersangkutan merupakan kader berlambang kepala banteng tersebut.

“Ya semua, apa namanya, orang itu punya, berhak dan punya hak untuk bisa mencalonkan dirinya dalam Pilkada 2020. Tapi PDIP kan punya mekanisme tersendiri,” jelasnya.

Puan menyatakan, dirinya dengan tangan terbuka mempersilakan Gibran mendaftar sebagai bakal calon walikota (cawako) Solo dari PDIP.

“Ya jadi monggo saja kalau mau mendaftar,” pungkasnya. LN-RON

Thu Oct 10 , 2019
Jakarta, LiraNews – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, MPR RI dijadwalkan akan mengadapan Rapat Pimpinan (Rapim) untuk menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) hari ini, Rabu (9/10/2019) “Kami untuk pertama kalinya akan mengadakan Rapat pimpinan (Rapim) untuk membicarakan pembagian tugas diantara kami 9 wakil ketua MPR RI. Kita akan […]