PDIP Melarang Keras Seluruh Tiga Pilar Partai dan Kadernya Menebang Pohon Tua nan Langka

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Jakarta, LiraNews – PDI Perjuangan memegang teguh komitmen pelestarian alam, yang didasari pemahaman dan kesadaran bahwa pohon adalah penjaga keseimbangan ekosistem di bumi.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Partai telah mengeluarkan surat instruksi kepada seluruh jajaran di mana pun berada agar melindungi dan menjaga kelestarian Pohon Tua dan Langka di daerahnya masing-masing.

Read More
banner 300250

Hasto menjelaskan, pohon berperan besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi, dengan manfaat utama sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil kayu sebagai bahan baku bangunan, penghasil buah-buahan, bahan obat dan bahan nabati lainnya serta sebagai tempat berlindung berbagai spesies binatang.

“Namun, sebagian besar manfaat tersebut belum tergantikan sehingga pohon menjadi sumber daya sangat penting bagi kehidupan manusia,” jelas Hasto.

Pria asal Yogyakarta itu menyebutkan berdasarkan data lnternational Union For Conservation of Nature (IUCN) sebanyak 487 spesies pohon Indonesia terancam punah, 55 spesies diantaranya merupakan pohon berukuran besar, akibat dari alih fungsi kawasan yang menyebabkan hilangnya habitat alami pohon langka, diikuti oleh perambahan, eksploitasi sumber daya secara berlebihan, penebangan, kebakaran yang menyebabkan rusaknya habitat dan penurunan populasi, serta perubahan iklim global.

“Bila tidak segera dilakukan tindakan pencegahan kepunahan dan upaya konservasi, maka akan banyak pohon terancam punah dalam waktu dekat,” kata Hasto.

Selama ini, PDIP memang aktif dalam kepedulian terhadap lingkungan. Berbagai program dirancang dan dilaksanakan. Misalnya penanaman pohon di sepanjang Daerah Aliran Sungai Ciliwung.

Oleh karena itu, jelas Hasto, DPP PDIP kemarin mengeluarkan sebuah instruksi Partai untuk diperhatikan dan dilaksanakan DPD dan DPC PDI Perjuangan seluruh Indonesia, para
Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota FPDIP dan Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang merupakan kader PDIP di seluruh Indonesia di wilayah masing-masing.

“Ketua Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup PDI Perjuangan, Pak I Made Urip akan memantau langsung dan memberikan laporan kepada Partai terhadap pelaksanaan instruksi ini. Sekali lagi, Partai ingin mewujudkan politik hijau,” tandas Hasto.

Related posts