Pekerja Seni Sayangkan Kecepatan Internet Menurun dan Mahal di Masa Pandemi

Denpasar, LiraNews – Sudah 8 bulan pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia, di mana mayoritas aktivitas publik melalui layanan internet. Sayangnya, kecepatan internet di Indonesia menurun dan mahal.

Menanggapi hal itu, musikus dan pekerja kreatif Anang Hermansyah menyayangkan kinerja internet di Indonesia justru turun dan mahal di masa pandemi disandingkan negara-negara di ASEAN.

Read More
banner 300250

“Merujuk data Indef, kecepatan internet di Indonesia justru menurun sekitar 4,4% dibandingkan negara lain di ASEAN selama masa pandemi ini. Hal tersebut saya rasakan juga saat berada di Bali,” ujar Anang di Denpasar, Bali, Sabtu (7/11/2020).

Musikus asal Jember ini berharap, Pemerintah dapat mengumpulkan para provider telekomunikasi untuk meningkatkan kecepatan internet dan menurunkan harganya.

Terlebih, imbuh Anang, aktivitas masyarakat sejak pandemi banyak memanfaatkan fasilitas internet.

“Kami berharap Pemerintah dapat meminta provider telekomunikasi untuk meningkatkan kecepatan internet dan harganya diturunkan,” tutur mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Vokalis Grup Band Kidnap ini menyebut aktivitas pekerja seni dan musisi selama masa pandemi ini juga memanfaatkan fasilitas platform digital yang sepenuhnya menggunakan internet.

“Seniman dan musisi memanfaatkan layanan digital dalam berkarya di masa pandemi seperti Instagram dan YouTube. Maka dukungan Pemerintah benar-benar diharapkan agar proses kreatif di masa pandemi ini tetap berjalan,” sebutnya

Penasehat Federasi Serikat Musik Indonesia (FESMI) ini berharap, di tengah kesimpangsiuran mengenai vaksin Covid-19 di Indonesia serta polemik mengenai UU No 11/2020 tentang Cipta Kerja, Pemerintah dapat memperhatikan persoalan internet yang menjadi tumpuan banyak pihak di masa pandemi ini.

“Saya harap Pemerintah dapat memberi perhatian atas persoalan internet yang kecepatannya menurun dan harganya mahal bila dibanding negara-negara di ASEAN lainnya,” tandas juri Indonesian Idol ini. LN- RON

Related posts