Pembahasan RKUHP Dan RUU Pemasyarakatan Tidak Akan Diulang Dari Awal

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Komisi III DPR RI kembali melakukan pembahasan RKUHP yang ditunda pengesahannya pada periode lalu.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menyatakan, pihaknya tidak akan melakukan pembahasan dari awal lagi, namun akan melakukan carry over.

Hal tersebut disampaikan Herman kepada para awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (17/2/2020).

“Kita sepakat tidak dari awal lagi, namun carry over. Beberapa pasal substabsi yang krusial akan coba kita cari jalan untuk dilakukan komunikasi dengan stakeholder. Jadi tidak dibongkar dari awal,” katanya.

Herman mengatakan, sebelum membahas lebih lanjut UU carry over tersebut, pihaknya akan bersurat kepada pemerintah agar pemerintah memberi penugasan.

“Jadi bukan surpres. Pemerintah menugaskan wakil pemerintah untuk bertemu dengan kami, untuk membicarakan pembahasan UU tersebut,” jelasnya.

Politisi PDIP tersebut mengaku, Komisi III DPR RI tengah menyusun jadwal pembahasan ulang RKUHP dan RUU Pemasyarakatan.

“Kami membahas mulai jadwal UU yang di-carry over. Khususnya KUHP dan Permasyarakatan. Jadi semua anggota setuju untuk itu dibahas,” terangnya.

Kedua UU tersebut, tukas Herman, akan dibahas dalam panja di Komisi 3 yaitu, Panja KUHP dan Panja Permasyarkatan.

“Panja KUHP rencana kami akan tetap dipimpin oleh Pak Mulfachri (Harahap -red) seperti yang lama. Panja permasyarakat karena dulu Ibu Erma (Ranik -red) sudah tidak ada lagi sekarang gantinya saya dan saya akan memimpin panja permasyarakatan,” ungkapnya.

Anggota DPR RI asal Dapil NTT 2 tersebut menjelaskan, setelah pihaknya menerima surat penugasan dari Menkumham, maka pihaknya akan langsung melakukan pembahasan kedua RUU tersebut.

“Setelah kami menerima surat dari Menkumham tentang penugasan anggota, mereka baru membentuk panja dan memulai pembahasan tersebut. Jadi dalam 1-2 hari ini kita kirim surat. Tunggu saja dulu,” imbuhnya.

Dengan demikian, tandas Herman, akan ada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) kembali dengan berbagai pihak-pihak terkait pembahasan RKUHP dan RUU Pemasyarakatan.

“Pasti-pasti mekanismenya demikian. Semua pihak kita akan panggil untuk RDPU,” tegasnya.

Herman mengungkapkan, kedua RUU tersebut akan dibahas pada masa sidang berikutnya.

“Iya masa sidang berikutnya,” pungkasnya. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60