Pemerintah Dilematis Menghadapi Wabah Virus Corona

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Anggota Komisi XI DPR RI El Nino Mohi berpendapat, pemerintah saat ini tengah dilematis dalam menghadapi wabah virus corona (Covid-19) yang saat ini telah melanda Indonesia sedang melanda Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Nino kepada para wartawan, Rabu (18/3/2020).

“Sebetulnya ada dua masalah pokok yang saling berkaitan, yakni masalah kesehatan WNI dan jalannya kegiatan ekonomi. Dua hal ini yang membuat Pemerintah Indonesia dalam keadaan dilema,” katanya.

Nino menjelaskan, kesiapan sarana prasarana dan SDM guna menangani kemungkinan lonjakan jumlah pasien Covid-19 menjadi hal pokok dalam masalah kesehatan yang saat ini sedang dialami Indonesia.

“Masalah kesehatan adalah pada kesiapan sarana-prasarana dan SDM kita dalam menangani kemungkinan lonjakan jumlah pasien Covid-19,” ujarnya.

Akibatnya, kata Nino, kehidupan ekonomi akan sangat terganggu akibat kepanikan pasar dan masyarakat yang berakar dari opini publik yg terbentuk melalui berbagai perangkat media informasi.

“Ini ribet. Seperti sebuah lingkaran yang tidak putus. Makin banyak yang terkena Covid-19, maka opini di media informasi makin bikin panik, maka masyarakat panik, maka terjadi kegiatan ekonomi yang tidak wajar, misalnya: tidak bekerja, menarik cash sebanyak mungkin, menimbun stok sembako, dan lain-lain,” terangnya.

Politisi Partai Gerindra tersebut menilai, keadaan ekonomi akan timpang, yang berakibat pada paniknya masyarakat yang berakibat keadaan akan semakin bertambah kacau secara psikologis.

“Semakin banyak yang terkena berbagai macam penyakit. Opini publik makin bikin panik, dan seterusnya. Semakin hari akan semakin berat. Itu berbahaya bagi kehidupan bangsa,” ingatnya.

Di sisi lain, Nino menuturkan, investor baik dalam maupun luar negeri juga diterpa oleh opini yang berkembang, sehingga menimbulkan sentimen-sentimen negatif.

“Semakin hari sentimen itu semakin negatif, dan akhirnya menyebabkan larinya capital dari indonesia ke luar negeri,” jelas anggota DPR RI asal Dapil Gorontalo ini.

Nino mengungkapkan, tanpa adanya wabah Covid-19 pun, Indonesia sudah terbebani cukup berat karena adanya perlambatan ekonomi akhir-akhir ini yang diprediksi akan terus memburuk hingga tahun 2021.

“Saya kira perjuangan kita cukup berat, mengingat adanya perlambatan ekonomi dunia akhir-akhir ini. Tanpa adanya corona effects pun ekonomi global akan terus melambat sampai tahun 2021,” paparnya.

Namun demikian, Nino mengaku, dirinya masih percaya Presiden Jokowi dan jajarannya dapat mematahkan lingkaran masalah di atas dengan baik dan tepat.

“Saya juga meyakini, DPR RI akan sepenuhnya mendukung langkah-langkah pemerintah untuk menangani masalah kesehatan dan ekonomi yang saling berkelindan ini,” tutupnya. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60