Pemerintah Dinilai Lambat Beri Sosialisasi Cara Hindari Virus Corona Secara Masif

  • Whatsapp
banner 468x60

Denpasar, LiraNews – Terkait merebaknya wabah virus Corona yang melanda salah satu provinsi di negeri tirai bambu Wuhan, Untuk mengantisipasi hal tersebut Forum Bela Negara (FBN) berharap pemerintah segera menetapkan himbauan kepada instansi pemerintah agar masyarakat mengetahui cara-cara untuk menghindari virus tersebut.

“Pemerintah melalui kementerian kesehatan harus segera melakukan koordinasi dengan imigrasi serta instansi terkait untuk segera mensosialisasikan cara yang dianggap paling baik untuk mengantisipasi virus Corona dengan melakukan screening pemeriksaan secara komprehensif terhadap wisatawan mancanegara yang ingin masuk ke Bali terutama turis China,” kata Agustinus Nahak, Ketua Forum Bela Negara (FBN) Bali di Denpasar (25/1/2020).

Menurutnya, Informasi tentang pencegahannya perlu disosialisasikan segera, pihaknya menyesalkan lambatnya diseminasi informasi tentang hal itu sebab sampai saat ini belum ada himbauan yang baku dari pemerintah untuk itu, “Informasi yang beredar baru sebatas sebaran info di media sosial seperti WhatsApp dan Twitter,” terang Nahak.

Perlu diketahui, Sepanjang 31 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020, 59 orang dirawat di rumah sakit dengan gejala pneumonia–infeksi pada jaringan dan kantung udara di paru-paru. 7 orang di antaranya kritis, 2 lain meninggal pada 16 dan 17 Januari. Jumlah korban jiwa mencapai 9 orang pada Rabu (22/1/2020).

Virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) adalah jenis virus baru yang satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Orang yang terinfeksi virus ini akan memiliki gejala mirip pneumonia.

Virus jenis ini biasanya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, khusus kasus ini, penularan terjadi dari manusia ke manusia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada beberapa virus Corona yang diketahui beredar pada hewan dan belum ditularkan ke manusia. LN-HD

banner 300x250

Related posts

banner 468x60