Pemkab Buol Perpanjang PPKM Level 3, Wakil Bupati: Vaksinasi Warga Desa Harus Digeber

Gravatar Image
  • Whatsapp

Buol, LiraNews – Wakil Bupati Buol H. Abdullah Batalipu, menekankan kepada para kepala desa dan perangkat desa agar lebih aktif lagi dalam melakukan vaksinasi kepada warga.

Penegasan itu disampaikan Abdullah selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Buol saat membuka kegiatan sosialisasi Panduan Tehnis Pembentukan dan Oprasional Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19 Tingkat Desa, bertempat di BPU Kecamatan Bunobogu, Selasa (21/9/2021).

Read More
banner 300250

Acara itu dihadiri Ketua Edukasi Satgas Covid-19 Kab.Buol, Drs. Abdullah Lamase M.Pdi, Kadis P3A-PMD Yani L. Saad, S.Sos, Camat Bunobogu , Kepala Dinas Kesehatan diwakili Kasi Surveilans dan Imunisasi Rustam, SKM, Anggota Sekretariat Satgas Covid-19 Samsul, SH, Unsur Muspika Kec.Bunobogu, Kepala Desa Se Kec.Bunobogu, dan Kepala Puskesmas Kecamatan Bunobogu.

“Kami hadir di tempat ini sekaligus evaluasi pelaksanaan Penanganan Covid 19 di setiap kecamatan dan desa, sejauh mana pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat dan sejauh mana pula keterlibatan Pemerintah desa dalam mengedukasi rakyat yang ada di desanya untuk vaksinasi,” kata Abdullah Batalipu.

Ia juga mengingatkan kepada para kepala desa, agar anggaran dana desa digunakan secara benar. Efektif, efisien, dan akuntabel.

“Saya mengingatkan kepada saudara-saudara Kades agar lebih efisien dalam mengelola dana desa, karena saudara sudah diberikan dana desa melalui APB-Des oleh Pemerintah sebesar delapan persen untuk kepentingan rakyat dalam penanganan Covid 19, dan saya tidak main-main apabila Saudara Kades terjerat hukum terkait dengan dana desa,” tegas Wakil Bupati.

Ia menjelaskan, posisi Kabupaten Buol terkait Pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan sehingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih tetap bertahan pada Level tiga, dan ini adalah perpanjangan PPKM untuk kelima kalinya.

Kenapa hal ini di lakukan, karena berdasarkan masih banyaknya warga masyarakat yang terpapar Covid 19 di setiap Kecamatan.

Abdullah mengakui bahwa saat ini kasus terkonfirmasi mulai menurun di 11 Kecamatan, tetapi PPKM masih bertahan di Level 3 hal karena masih tingginya jumlah kematian, dan ini menunjukan angka rata-rata belum tervaksinasi.

“Kita perlu kembali mengoptimalkan pos Komando (posko) Penganan Covid-19 guna untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mendorong masyarakat untuk datang malaksanakan Vaksinasi,” tuntas Abdullah Batalipu. (firdaus gafar-LN)

Related posts