Pemudik Berdatangan, Bupati Sampang Pantau Posko Penanganan Corona

Sampang, LiraNews – Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi melakukan pengecekan Posko Percepatan Penanganan Covid-19 yang berada di Jalan Wijaya Kusuma, Minggu (29/03/2020).

Selain melihat gedung posko, Slamet Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo juga mengecek ruangan tempat pemeriksaan atau screening masyarakat.

Pantauan di lokasi, kendaraan yang memasuki Sampang dari Zona Merah tanpa terkecuali dilakukan penyemprotan disinfektan.

Kemudian untuk kendaraan yang membawa penumpang diturunkan terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan awal atau screening suhu tubuh dengan menggunakan Thermal Scanner.

Sekitar lima jam, Slamet memantau langsung masyarakat yang mayoritas baru datang dari Zona Merah seperti Jakarta, Surabaya dan Malang.

“Kita ingin memastikan kendaraan maupun warga yang datang dari Zona Merah ini bebas dari Covid-19, sebagai langkah awal dan pencegahan kita lakukan penyemprotan disinfektan dan screening tubuh,” ucap Slamet Junaidi, yang juga mantan anggota DPR RI.

Jika ditemukan beberapa gejala yang berkaitan dengan Virus Corona, Slamet menjelaskan mereka akan ditangani lebih lanjut oleh Tim Medis untuk dilakukan antisipasi awal terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Ia mengimbau kepada para masyarakat yang baru pulang dari daerah yang merupakan Zona Merah untuk melakukan pemeriksaan baik di Posko Pusat Penanganan Corona maupun di Puskesmas terdekat.

Hal tersebut sebagai upaya deteksi dini bagi warga, sehingga akan terdata yang memiliki resiko maupun tidak.

“Kepada masyarakat agar ikut menginformasikan jika ada perantau yang pulang kampung untuk melakukan pemeriksaan atau screening terlebih dahulu agar resiko yang akan timbul lebih kecil,” pesannya.

Sementara itu, Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo berpesan kepada masuk untuk tidak keluar rumah jika tak ada keperluan yang sangat penting.

Sosial distancing yang termaktub dalam Maklumat Polri perlu dipahami dan dipraktekkan bersama semata-mata untuk memutus penularan Virus Corona.

“Kabar hoax juga perlu ditangkal, masyarakat harus bisa memfilter informasi yang belum tentu kebenarannya agar tidak timbul kepanikan,” tegasnya. LN-R2