Pengukuhan dan Sosialisasi Pengurus PUK DBOCK Nelayan Germapin

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews – Pengukuhan dan Sosialisasi Pengurus PUK DBOCK Nelayan Germapin dan 1.600 anggota Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPTSI-KSPSI) dari 20.000 anggota. Dilanjutkan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat tranportasi kapal ikan di Jl.H.Sofyan 110, Radar Auri, Cibubur, Depok, Minggu (07/08/2022).

Harapan para nelayan diseluruh Indonesia dari sabang sampai merauke, khususnya kota GERMAPIN,gerakan para nelayan pesisir Indonesia terlindungi dalam program BPJS ketenagakerjaan.

“Kami sebagai penyelengara berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja Indonesia khususnya para nelayan.Ini bagi para nelayan bukan program penerima upah semoga semua terlindungi,walaupun angkanya belum semua terlindungi,” ujar Kepala Cabang BPJS Ketenagarkerjaan, Sunjana Achmad.

Program ini, jelasnya, bukan program penerima upah, merupakan program mandiri yang di selenggarakan oleh BPJS ketenagakerjaan bagi para pekerja informal di Indonesia termasuk para nelayan. Untuk pembayaran iuran BPJS para nelayan cukup membayar satu bulan 16800 perbulannya.

“Untuk perorang sudah otomatis menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan dengan manfaat sesuai yang saya katakan. Apa bila ada kecelakaan kerja maka biaya yang timbul akibat kecelakaan menjadi tanggung jawab BPJS ketenagakerjaan,” katanya.

Dan apabila ada yang mengalami cacad akan mendapat santunan dan jika ada yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja akan mendapat santunan kecelakaan dan meninggal. Tentunya akan mendapat beasiswa bagi anaknya. Walaupun baru terdaftar menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan orang tersebut mengalami kecelakaan,atau katakan tidak ada umur meninggal karena kecelakaan.

“Otomatis akan mendapat santunan seperti yang saya katakan termasuk beasiswanya.Yang kedua ada engineering kematian,kalau meninggal mendapatkan 42jt ditambah yang bersangkutan sudah menjadi peserta BPJS selama 3tahun itupun akan medapat bantuan beasiswa untuk dua orang anak dari BPJS ketenagakerjaan,” terang Sujana Achmad.

Kecelakaan, kematian kita tidak pernah tau karena semua itu urusan yang Maha Kuasa .Itulah manfaat menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.Apabila anggota keluarga ada yang mengalami kecelakaan kerja.Menurut, Jusuf Rizal. Ketua Umum FSPTSI-KSPSI/DBOKC.

Ketua Umum Germapin Lasarus Rio Jambormias menjelaskan, Germapin untuk membantu anggotanya yang hampir 50 persen bekerja sebagai nelayan. Dalam hal program BPJS ketenagakerjaan, dia berharap semoga penyerahan simbolis awal menjadi motivasi para nelayan.

“Menggerakan nelayan khususnya dipesisir Indonesia akan kami arahkan bagi teman teman didaerah untuk kita semua bergabung didalam BPJS ketenagakerjaan. Sudah ada 20 rb anggota yang terdiri dari kota mauroke dan Sumatra Utara, Aceh belum termasuk,” katanya.

“Semoga penyerahan awal ini 20 anggota nelayan Germapin dari Sabang sampai Merauke kami arahkan untuk mengikuti BPJS ketenagakerjaan melalui FSPTSI,” ucap Larasus. LN-Bamsur

Related posts