Penuhi Representasi Keterwakilan Perempuan, Guspardi Gaus Apresiasi Kinerja Timsel KPU-Bawaslu

Jakarta, LiraNews – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengapresiasi Tim Seleksi (Timsel) KPU-Bawaslu yang telah menetapkan dan melaporkan nama-nama calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022- 2027 kepada Presiden.

“Nama yang lolos telah memenuhi representasi keterwakilan perempuan sebesar 30% (tiga puluh persen),” kata Guspardi, Kamis (13/1/2022).

Read More
banner 300250

Menurut Guspardi, Timsel telah menunjukkan komitmennya untuk mengakomodir keterwakilan perempuan.

“Dari 14 nama calon anggota KPU, 4 orang adalah perempuan. Sementara dari 10 nama calon anggota Bawaslu juga terdapat 3 orang perempuan,” ujar politisi PAN ini.

Guspardi menegaskan, komposisi keterwakilan perempuan dalam daftar nama calon anggota KPU dan Bawaslu tersebut telah sesuai dengan amanat undang-undang pemilu.

“Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 10 ayat (7) dan Pasal 92 ayat (11), mengamanatkan, komposisi keanggotaan KPU dan Bawaslu harus memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30%,” ungkap Anggota Baleg DPR RI ini.

Guspardi mengungkapkan, Komisi II akan menentukan tujuh nama dari 14 nama calon anggota KPU dan 5 nama dari 10 nama calon anggota Bawaslu untuk dipilih sebagai anggota KPU dan Bawaslu melalui mekanisme Fit and Proper tes.

“DPR RI juga harus menjaga komitmen keterwakilan perempuan di dalam komposisi anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027,” imbau Guspardi.

Karena, tambah legislator asal Dapil Sumbar 3 ini, nama-nama yang telah diserahkan oleh timsel kepada Presiden, nantinya akan mengikuti Fit and Proper Test di Komisi II DPR.

“Saat ini Komisi II tengah menunggu Surat Presiden (Surpres) dari Presiden. Setelah itu baru diagendakan jadwal fit and proper test itu oleh Komisi II,” pungkas Guspardi Gaus.

Related posts