Percepatan Penanganan Covid-19, Lanud Soewondo Distribusikan APD dan Masker

  • Whatsapp
banner 468x60

Sumut, LiraNews – Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19, Lanud Soewondo Medan bantu pendistribusian Alat Pelindung Diri ( APD ) dan Masker ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Pemerintah pusat melaksanakan pendistribusian APD ke Medan Sumatera Utara dengan menggunakan pesawat TNI AU sesuai instruksi Panglima TNI. Setelah tiba di Lanud Soewondo, seluruh crew pesawat langsung di periksa kesehatan dan dicek suhu tubuhnya, serta seluruh barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan Disinfektan.

Proses bongkar muat Alat kesehatan APD dan masker ini langsung mendapat pengawasan dari Danlanud Soewondo.

Pada kesempatan ini Danlanud Soewondo menyampaikan, dalam rangka mendukung pemerintah dalam percepatan penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19.

“Kami membantu mendistribusikan Alat Pelindung Diri yang digunakan untuk keperluan para tenaga medis dalam menangani dan merawat pasien yang terpapar Covid 19. Dengan menggunakan pesawat TNI AU jenis boing AI-7304 yang dipiloti oleh Kapten Pnb Indra Purwanto dari Skadron udara 5 Makassar, landing di Lanud Soewondo pukul 14.45 wib, pada hari Sabtu (4/4/2020), mengangkut sebanyak 7.000 APD yang terdapat dalam 140 box dan 35.000 masker yang terdapat di dalam 17,5 box. Setelah secara simbolis Pilot pesawat yang mengangkut tersebut menyerahkan kepada saya, lalu secara simbolis juga saya menyerahkanya kembali kepada Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara, Dr. Ir. H. Riadil Akhir Lubis M.Si dan kepada yang mewakili Kepala Dinas kesehatan Provinsi Sumut, Romeo Hutabarat (staf gudang ),” kata Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto S.Sos., M.A.P. di shelter yang didampingi oleh Kadisops Letkol Pom Adiwijaya dan Karumkit dr Abdul Malik Lanud Soewondo, Mayor Kes. dr. Whiko Irwan Sp.B.

Setelah diterima, oleh pihak BPBD dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, APD dan masker yang diterima dari pemerintah pusat tersebut langsung diangkut dengan menggunakan tiga mobil box BK 8805 J milik Diskes Provinsi Sumatera Utara dan mobil box B 9055 PQV milik BPBD dan 1 truk TNI AU Lanud Soewondo.

Untuk selanjutnya tim Gugus tugas Covid-19 provinsi Sumatera Utara kemudian akan berkoordinasi dengan tim kesehatan, agar pemetaan wilayah bisa dilakukan secara efektif menyesuaikan status zona masing-masing daerah, baik zona merah, kuning maupun hijau, barulah kemudian APD distribusikan kepada masing-masing daerah, untuk disesuaikan skala prioritasnya.

Pendistribusian APD akan dilakukan hingga ke tingkat kecamatan, sehingga nantinya jumlah APD yang diterima masing-masing akan berbeda bergantung pada kondisi serta kebutuhan wilayah masing-masing. LN-LEO

banner 300x250

Related posts

banner 468x60