Peringatan Hari Disabilitas, DPP Pemuda LSM LIRA Ingatkan Pemerintah Jangan Lalai

  • Whatsapp
DPP LSM LIRA dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) mengingatkan pemerintah jangan lalai dalam menjalankan kewajiban memperhatikan kalangan disabilitas.

Ketua umum DPP Pemuda LSM LIRA Muhammad Rozi mengatakan, negara wajib memberikan perhatian setara kepada semua ragam disabilitas, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Read More

banner 300250

“Masih banyak fasilitas umum maupun swasta kurang memperhatikan penyandang disabilitas, bahkan pelayanan publik kerap kali mengesampingkan hak-hak penyandang disabilitas,” jelas M. Rozi di Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Penegasan DPP Pemuda LSM LIRA ini disampaikan sebagai refleksi dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 pada 3 Desember.

Sebagai Ketua Umum DPP Pemuda LSM LIRA, Rozi mengajak seluruh masyarakat untuk meneguhan komitmen dan kepedulian terhadap saudara-saudara sesama anak bangsa yang menyandang disabilitas.

“Kita harus mewujudkan pemberdayaan, kemandirian, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di Indonesia,” tegas Rozi.

Ketua Umum DPP Pemuda LSM LIRA M. Rozi dan Sekertaris Umum DPP Pemuda LSM LIRA Zaldi Sonata.

Hal sama diungkapkan Sekertaris Umum DPP Pemuda LSM LIRA Zaldi Sonata, karena pada dasarnya peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) merupakan sebuah bentuk penghargaan terhadap jasa, peran, serta kemampuan para penyandang disabilitas.

“Peringatan HDI sekaligus momentum untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas,” paparnya.

Dengan peringatan HDI, lanjut Zaldi, maka diharap akan terwujud rasa kepedulian, penghormatan, dan kesetaraan hak-hak bagi kalangan disabilitas.

“Ini perlu diperjuangkan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas. Terlebih lagi, hal ini terkait dengan hak hidup dan hak asasi manusia,” paparnya.

DPP PemudaLSM LIRA juga menyerukan kepada semua elemen bangsa untuk bersama-sama mendorong upaya pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas melalui program Kesetaraan (Inklusi).

“Mari membangun masyarakat inklusi, dan menciptakan SDM disabilitas yang unggul penuh karya dan bersama mencegah penyebaran pandemi COVID-19,” katanya.

DPP Pemuda LSM LIRA mengingatkan, dalam UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Ada kewajiban bagi instansi pemerintah untuk memberikan kesempatan kerja untuk penyandang disabilitas serta untuk kalangan dunia usaha.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60