Pj Bupati Buol Buka Secara Resmi Musrenbang RPJPD Kabupaten Buol 2025-2045 dan Inovasi Daerah

Buol, LiraNews – Pemerintah Daerah Kabupaten Buol melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Kegiatan ini bertujuan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Buol untuk periode 2025-2045. Acara ini berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Buol, Selasa 21 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Buol, Drs. M. Muchlis, MM menegaskan pentingnya RPJPD sebagai dokumen strategis yang akan menjadi panduan bagi upaya pembangunan selama 20 tahun ke depan, mulai 2025 hingga tahun 2045. Dokumen ini diharapkan dapat menjawab tantangan dan mencerminkan visi serta misi pembangunan daerah, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Buol.

Penyusunan RPJPD dilakukan secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan. RPJPD harus mempertimbangkan potensi lokal, peluang, serta hasil evaluasi dari perencanaan sebelumnya. Selain itu, dokumen ini harus selaras dengan arah pembangunan nasional dan provinsi untuk mendukung pencapaian target pembangunan.

Dalam kesempatan ini, juga diselenggarakan sosialisasi inovasi daerah dan penandatanganan komitmen bersama untuk inovasi daerah Kabupaten Buol. Inovasi daerah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017, didefinisikan sebagai pembaruan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bertujuan meningkatkan daya saing, pelayanan publik, dan kinerja pemerintahan. Setiap perangkat daerah diharapkan dapat menciptakan minimal satu inovasi untuk mendukung pencapaian ini.

Drs. M Muchlis, MM mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Buol dan mengajak seluruh masyarakat serta pemangku kepentingan untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan saran dan masukan demi penyempurnaan dokumen RPJPD.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan dalam rangka penyusunan rancangan RPJPD Kabupaten Buol tahun 2025-2045 yang dirangkaikan dengan sosialisasi inovasi daerah saya nyatakan dibuka,” ungkap Pj Bupati Buol membuka kegiatan ini.

Musrenbang RPJPD ini merupakan langkah penting menuju cita-cita Indonesia Emas 2045, dengan fokus pada peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, penciptaan lapangan kerja, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan daya saing daerah. Keberhasilan pembangunan di Kabupaten Buol sangat bergantung pada dukungan dan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat dan pemangku kepentingan, diantaramya: Pj Bupati Buol, Pj. Sekretaris Daerah, Kepala Bapedda-Litbang, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Daerah, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kab. Buol, Danramil 1305-05 Biau, Kasat SPKT Polres Buol serta para pimpinan OPD dan sekitar 200 tamu undangan lainnya. LN- Syabru/Humas Diskominfo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *