Plus Minus Makan Cabai Pedas Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Mengonsumsi cabai rawit adalah kegemaran sebagian besar masyarakat Indonesia. Saking nikmatnya sensasi rasa pedas, sampai-sampai cabai rawit disebut cabe setan. Waw…! Bukan cabe-cabean ya.

Menariknya, selain menambah kelezatan makanan, ternyata rasa pedas dalam kadar yang pas juga memberi manfaat lho bagi kesehatan.

Read More

banner 300250

Berikut manfaat makanan pedas bagi kesehatan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

– Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cabai, apalagi cabai rawit, diketahui kaya kandungan vitamin C dan vitamin A yang mengandung zat antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Orang yang makan sambal dalam takaran yang pas akan lebih tahan dari penyakit.

– Mencegah Kanker

Penelitian menyebutkan bahwa cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat menghambat, bahkan mematikan pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Maka penderita kanker dianjurkan makan cabai secara rutin dengan takaran yang sesuai.

– Menyehatkan Jantung

Masih terkait kandungan capsaicin dalam cabai. Ternyata zat ini dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Kandungan capsaicin terbukti efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

– Menurunkan Berat Badan

Kali ini kabar baik bagi yang sedang diet. Ternyata makan cabai dapat menurunkan berat badan. Sebab kandungan senyawa capsaicin pada cabai memicu rasa pedas dan dapat meningkatkan temperatur tubuh.

Zat itu juga mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuhmu dapat lebih cepat terbakar. Apalagi kalau makan pedas sampai keringatan, tandanya pembaharan lemak dalam tubuh lancar.

Meski bermanfaat, cabai juga memiliki efek samping, apalagi jika dikonsumsi berlebihan.

Diantaranya bisa memicu sakit maag, lantaran terjadi iritasi dan petadangan pada lambung. Bila terlalu pedas, anda juga harus waspada terserang diare alias menceret.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60