Polda Tangkap Pemalsu Data Buat Pemilu

  • Whatsapp
banner 468x60

Surabaya, LiraNews – Pria berinisial AS (44) warga Blitar, Jawa Timur ditangkap Polda Jawa timur dalam rangka untuk cipta kondisi menjelang Pilkada. Pria yang sehari- hari bekerja swasta ini mengaku pemalsuanyang dia lakukan untuk kepentingan pemilu. Dia memalsu dokumen kependudukan.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, jika pelaku ini membuat data Kependudukan dokumen dari level tingkat bawah dari Desa, Kelurahan berupa surat-surat Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), juga Keterangan Domisili.

“Data tersebut akan digunakan untuk kepentingan Pemilu, Pemilukada, Pilkades dan juga Passport serta admisitrasi Kependudukan lainnya,” kata Irjen Pol Luki, Senin (17/2/2020).

Lanjutnya, para pemesan Data Palsu ini dari berbagai daerah termasuk luar Jawa Timur diantaranya, Lampung, NTB NTT, Jawa barat, Jawa tengah Jawa timur dan Maluku.
“Salah satu pemesannya yakni orang Sukabumi, dia dibuat data palsu di Ngawi. Orang ini punya dua identitas dan suratnya juga kepentingannya disebutkan untuk Pemilu, Pemilukada di tahun 2020,” tambah Luki.

Temuan ini oleh petugas akan dikembangkan ke beberapa daerah lain, guna mengungkap sindikat lainnya yang terlibat. Seperti diketahui, pada Tahun 2020 ini ada 270 Pilkada di seluruh Indonesia. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan modus pemalsuan Dokumen ini akan terjadi dan marak digunakan terutama untuk kepentingan pencoblosan atau untuk Independent.

“Saat ini kami juga akan bekerjasama dengan Polda lain untuk mengantisipasi ini, begitu juga dengan KPU karena indikasinya akan digunakan untuk penambahan suara dan yang lain-lainnya,” tutup Kapolda Jatim. LN-Alamuddin

banner 300x250

Related posts

banner 468x60