Polres Buol Gelar Lomba Kearifan Lokal Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-77

Gravatar Image
  • Whatsapp

Buol, LiraNews –¬†Polres Buol menggelar lomba Kearifan lokal berupa lomba kupas dan belah kelapa bertempat dihalaman Mapolres, Jum’at (12/08/22) sekitar pukul 09.00 WITA.

Lomba Kearifan lokal yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 ini ini diikuti oleh Personel Polres, Polsek jajaran serta Bhayangkari Cabang Buol yang turut serta memeriahkan lomba.

Read More
banner 300250

banner 300250

Adapun lomba yang dilaksanakan diantaranya lomba kupas dan belah kelapa yang diikuti oleh Personel Polres dan Polsek serta lomba mencukur kelapa yang diikuti oleh Polwan serta Bhayangkara Cabang Buol.

Dari lomba kupas dan belah kelapa yang menjadi pemenang pertama Aipda Firman dari Satuan Samapta, pemenang kedua Briptu David dari Satuan Lalulintas serta pemenang ketiga Ipda Meydi Taroreh Kasiwas Polres Buol.

Sementara itu yang menjadi pemenang pertama lomba cukur kelapa yakni Ny, Mulyati Taib Bhayangkari Ranting Biau, pemenang kedua Ny. Aklina Razak Bhayangkari Sikum serta pemenang ketiga Bripda Dewi Polwan Polres Buol.

Menurut Ketua Panitia yang juga Kabagren Polres Buol AKP Adri Allouw, SH menjelaskan bahwa lomba yang digelar ini merupakan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Buol dimana pohon maupun buah kelapa merupakan komoditi khas yang ada.

“Kelapa merupakan komoditi khas yang ada di kabupaten Buol, untuk itu kami membuat lomba untuk memperkenalkan mulai dari proses pengolahan hingga dibuat menjadi bahan makanan, saat lomba dilombakan kecepatan mengupas serta mencukur buah kelapa selanjutnya dibuat makanan berupa kue onde-onde serta ongol-ongol yang merupakan makanan tradisional di Buol,” terang Kabagren.

Sementara itu Kapolres Buol AKBP Handri Wira Suriyana, S.I.K melalui Kasihumas Ipda Ridwan, S.IP mengatakan bahwa lomba yang digelar ini merupakan rasa syukur atas kemerdekaan yang tahun ini mencapai 77 tahun dan juga untuk memelihara kekompakan dan silaturahmi antara personel dan keluarga.

“Lomba yang digelar ini merupakan rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia dimana di tahun 2022 ini mencapai 77 tahun dan juga untuk memelihara kekompakan, kebersamaan dan silaturahmi antara personel dan keluarga,” ungkap Kasihumas. LN-Syabru

Related posts