Polres SBB Merajut Kemitraan Melalui Bincang Kamtibmas Jelang Tahun Baru 2020

  • Whatsapp
banner 468x60

SBB, LiraNews – Menjelang pergantian tahun Polres Seram Bagian Barat gelar Bincang Kamtibmas sambil ngopi santai bersama insan Pers, Pemilik Bengkel dan Komunitas Kendaraan Roda Dua.

Bincang Kamtibmas jelang tahun 2020 yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan rasa aman, tetap menjaga kamtibmas yang kondusif menjelang malam pergantian tahun.

Sebab, persoalan kemasyarakatan, ternyata tidak hanya bisa dibahas di ruang rapat yang serba resmi, akan tetapi bisa dengan cara santai sambil ngopi. Apalagi, persoalan yang didiskusikan pada akhirnya terdistribusi secara sistemik ke berbagai media massa, sehingga materi diskusi dan hasil dari diskusi yang digelar bisa dikonsumsi semua elemen masyarakat.

Upaya untuk melakukan pencegahan dengan berbagai stakeholder melalui masukan serta informasi yang digagas Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Bayu Tarida Butar Butar, S.IK ini, didampingi Kasat Binmas IPTU Victor Hattu, Kasat Lantas IPTU Ibrahim Lating, Kasat Narkoba IPTU Usman M. Ode Bellu, dan Kasat Reskrim AKP Midi Damanik, S, IK mendapatkan apresiasi dan tanggapan positif dari peserta yang hadir karena baru pernah kegiatan serupa ini digelar di Kabupaten Saka Mese Nusa.

Pola komunikasi melalui insan Pers dinilai oleh Butar Butar sebagai mitra kerja Polri mitra yang strategis untuk tetap terjalin komunikasi yang baik, termasuk dalam berupaya menciptakan situasi kemanan yang kondusif, hal ini diungkapkan oleh Kapolres di Cafe GR Piru, Senin (30/12/2019).

“Rekan-rekan media sebagai mitra kerja Polri, itu juga Bapak Kapolri menyampaikan bahwa rekan-rekan media sebagai mitra strategis sehingga diharapkan ke depan untuk tetap terjalin komunikasi yang baik, dan koordinasi untuk bisa memberitakan permasalahan-permasalahan, kegiatan-kegiatan yang ada di Polres ini, untuk bisa menciptakan situasi keamanan diwilayah SBB Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin meningkat”. pinta Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan peran pemilik bengkel dan komunitas kendaraan roda dua di SBB ini juga diperlukan untuk bersama – sama dengan Polri menjaga situasi kamtibmas sebagai contoh ada keluhan-keluhan masyarakat tokoh-tokoh agama yang kami terima bahwa ada pengguna kendaraan-kendaraan yang menggunakan knalpot resing.

“Untuk itu diharapkan bagi pemilik bengkel menjelang tahun baru ini, untuk tidak menerima bagi masyarakat-masyarakat yang ingin memodifikasi kendaraannya.
Bagi Masyarakat yang menggunakan knalpot resing dan ugal-ugalan dijalan yang menggangu ketenangan masyarakat akan kami tindak sesuai dengan aturan yang berlaku”.tegas Bayu.

Sementara itu, Kasatlantas Polres SBB, IPTU Ibrahim Lating memaparkan materi singkat tentang implementasi Undang Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa pengendara sepeda motor yang melakukan modifikasi yang tidak sesuai aturan hal ini demi keselamatan pengendara itu sendiri, serta pengguna jalan secara umum.

Berikut ini, terkait modifikasi kendaraan yang aman agar terhindar dari tilang petugas. pertama, nomor polisi yang tertera pada plat motor harus sesuai dengan surat berkendara. Kedua, jangan memasang rotator atau sirene.
Jangan mengganti knalpot bawaan dengan knalpot yang bersuara bising (knalpot broong/resing). Selain itu, mengganti suara klakson juga tidak dibenarkan, serta mengganti lampu dengan daya pancar yang lebih tinggi.

“Modifikasi kendaraan bermotor tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas,” tegas Lating.

Bincang Kamtibmas dalam menjaga situasi yang kondisif dan kerjasama dalam pemberantasan Narkoba di SBB, diskusi santai dan tanya jawab oleh peserta yang hadir sebagai penerus bangsa, harus diselamatkan dari narkoba, karena narkoba dan miras merupakan salah satu pemicuh yang berdampak pada gangguang kamtibmas serta keselamatan berlalulintas.

“Jelang Natal dan Tahun Baru Polres SBB telah musnahkan 3.665 liter minuman keras (miras) jenis sopi, untuk itu eleman masyarakat diminta untuk bekerja sma dengan Polri dalam memberantas Narkoba, dengan Cara masyarakat memberikan informasi kepada kami sebagai petugas karena penyalagunaan Narakotik merupakan musuh kita bersama” kata Kasat Narkoba IPTU Usman M. Ode Bellu dalam kegiatan ini. LN-Jodi

banner 300x250

Related posts

banner 468x60