Prabowo Gandeng Kemendikbud Guna Siapkan Komponen Cadangan

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews– Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan rencananya menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) guna menyiapkan terbentuknya komponen cadangan pertahanan Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Prabowo saat menghadiri Raker dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (11/11/2019).

“Akan ada banyak peran dari kementerian dan lembaga di luar pertahanan, sebagai contoh kita harus kerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk menyusun komponen cadangan,” katanya.

Prabowo mengatakan, kerja sama itu bertujuan menyiapkan komponen cadangan pertahanan non militer.

“Tentunya kita juga akan menyiapkan para personel pertahanan kita dari sektor non militer, seperti mahasiswa dan pelajar sebagai komponen pendukung TNI,” ujarnya.

Prabowo menerangkan, gambaran sistem pertahanan negara yang terdiri dari pertahanan militer dan non militer atau fisik dan non fisik.

“Adapun pertahanan militer fisik terdiri dari dua komponen, yakni komponen utama dan pendukung,” tambahnya.
Mantan Pangkostrad tersebut menjelaskan, komponen utama adalah Tentara Nasional Indonesia yang harus siap menghadapi ancaman militer secara terbuka.

“Adapun komponen cadangan bisa didapatkan melalui pendidikan dan latihan-latihan perwira cadangan,” sambungnya.

Prabowo menjabarkan, peran Kemendikbud akan diikutsertakan dalam proses pembentukan komponen cadangan ini.

“Kemudian juga latihan-latihan untuk komponen cadangan nanti akan banyak peran dari Kementerian Pendidikan di SMA bahkan sedini mungkin di SMP dan juga di perguruan tinggi,” jelasnya.

Ketua Umum Partai Gerindra ini pun mencontohkan praktik rekrutmen personel militer yang selama ini berlaku di Amerika Serikat (AS).

“Kita lihat di AS, sumber perwira itu mereka dapatkan dari akademi militer, mungkin 20 persen, 80 persen adalah perwira cadangan dari universitas-universitas,” ungkapnya. LN-RON

Tue Nov 12 , 2019
Jakarta, LiraNews – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan anggaran pembiayaan UMKM yang selama ini tersebar di 18 kementerian/lembaga akan diupayakan untuk dikonsolidasikan di kementerian yang dipimpinnya. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki setelah mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Prasiden Joko Widodo dengan tema Pemberdayaan UMKM di Kantor […]