Presiden Belum Serahkan Surpres Panglima TNI Jelang DPR Reses, Sufmi Dasco: Tak Ada Deadline

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, hingga saat ini Surat Presiden (Surpres) mengenai nama calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November mendatang belum diterima oleh para pimpinan DPR RI.

“Sampai saat ini surat yang ditunggu-tunggu oleh para awak media belum sampai ke DPR RI, nanti kalau sudah sampai yang pertama diberitahu ya rekan-rekan awak media. Sampai hari ini belum ada,” kata Dasco kepada para awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (15/9/2021).

Read More
banner 300250

Mengenai semakin mepetnya waktu lantaran DPR RI hampir mendekati waktu reses, Dasco menegaskan, tidak deadline bagi Presiden Jokowi untuk sesegera mungkin mengirim Surpres kepada DPR RI.

“Presiden mungkin memiliki pertimbangan tersendiri. Kan sudah ada aturannya bahwa ada limit waktu sebelum pergantian Panglima memang Surpresnya harus masuk. Nah mungkin selain pertimbangan sendiri, Presiden juga menghitung waktunya. Nanti kita akan tunggu saja, kalau sudah sampai awak media akan diberitahu,” ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini.

Lebih lanjut Dasco mengungkapkan, hingga saat ini DPR RI belum mendapatkan bocoran mengenai nama-nama yang akan diajukan Presiden Jokowi untuk menjadi calon Panglima TNI.

“Ya kalau Presiden masih mencari nama yang tepat artinya Presiden masih mencari nama yang tepat, bagaimana bisa bocor ke kita Wong katanya masih belum dapat nama yang tepat gitu,” tutur Dasco.

Lebih lanjut, legislator asal Dapil Banten 3 ini mengatakan, DPR RI tidak akan pernah mengintervensi Presiden untuk mencalonkan nama tertentu untuk kemudian dijadikan Panglima TNI.

“Kami juga dalam posisi tidak mencampuri hak prerogatif Presiden,” pungkas Sufmi Dasco Ahmad. LN-RON

Related posts