Presiden Joko Widodo Ingin ke Sumbar

Padang, LiraNews—Bencana banjir lahar dingin gunung Marapi di lima daerah di Sumatera Barat, ternyata mendapat perhatian khusus presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi). Untuk itulah pihaknya menginstruksikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani banjir lahar dingin yang terjadi di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Dan kehadiran kepala BNPB ke Sumatera Barat sejak Senin telah berhasil melakukan berbagai langkah-langkah antipasi dan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah.

“Saya sudah memerintahkan ke Pak Kepala BNPB untuk segera ke sana dan sudah sampai di sana,” kata Presiden RI Jokowi saat melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa.

Jokowi mengatakan bahwa dirinya juga terus memantau perkembangan bencana banjir lahar dingin di daerah tersebut.

“Sudah kami telepon juga perkembangannya seperti apa, kondisinya seperti apa, kami ikuti,” ujarnya.

Dikutip dari sumbar.antaranews.com, Presiden menyebutkan bahwa dirinya juga sangat ingin berkunjung langsung di Provinsi Sumbar untuk melihat langsung kondisi di daerah tersebut, yang terkena banjir lahar dingin.

“Saya juga ingin ke sana, tetapi masih mengatur waktu. Karena di sana kondisinya jalan banyak yang longsor, pengungsi juga baru ditata, nanti kalau waktunya sudah ketemu saya akan segera tinjau ke Sumatra Barat,” ucap Jokowi.

Jokowi menyampaikan bahwa dirinya akan mengagendakan untuk berkunjung di lokasi banjir lahar dingin di Provinsi Sumbar untuk memberikan bantuan, serta solusi kepada warga yang terdampak bencana tersebut.

Presiden Jokowi mengaku ia terus melakukan peninjauan terhadap fasilitas kesehatan di berbagai daerah di Indonesia dan RSUD Konawe tidak luput dari peninjauan tersebut.

“Kembali saya meninjau rumah sakit, sudah beberapa kali saya masuk ke Rumah Sakit Daerah dan yang ini, pagi hari ini, saya masuk ke RS Daerah di Kabupaten Konawe,” kata Jokowi. (***)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *