Presiden : Sesuai Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Jua

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8/2019) sore.

Selain Presiden, tampak hadir dikesempatan itu, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ibu Negara Iriana, dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso.

Ada juga sejumlah menteri kabinet kerja seperti Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

Presiden Jokowi sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka yang telah dianugerahi Lencana Tunas Kencana, dalam sambutannya menyatakan kesiapannya membimbing dan mengarahkan agar Gerakan Pramuka terus tumbuh dan berkembang di tanah air menjaga persatuan bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka, kata Jokowi, telah memberikan contoh keberagaman justru memperindah dan menyatukan seluruh anggotanya.

Pramuka, tutur Jokowi, mencontohkan semangat cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Selain itu, Pramuka juga mencontohkan upaya memanfaatkan kekayaan alam, seperti penggunaan bambu dan kayu, serta tali temali untuk membuat berbagai perangkat.

“Pramuka juga memanfaatkan tumbuhan dan hasil alam sebagai konsumsi Pramuka ketika berkemah, serta memberi bantuan saudara yang terkena musibah dan bencana alam,” katanya.

Presiden berharap, para kepala daerah baik Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota, Wakil Wali Kota sebagai ketua majelis pembimbing di daerah masing-masing untuk memberikan perhatian dan dukungan penuh kepada kemajuan Gerakan Pramuka di daerah.

“Gerakan Pramuka adalah tempat bersemayamnya calon-calon pemimpin bangsa di masa depan karena Gerakan Pramuka membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh, yang tahan banting, yang berakhlak mulia dan yang inovatif,” ujar Kepala Negara.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berpesan agar segenap anggota Pramuka tetap berpegang pada kode kehormatan Gerakan Pramuka untuk bersama seluruh komponen bangsa bersatu padu membangun keutuhan NKRI dan menciptakan dunia yang lebih baik. LN-RED

Thu Aug 15 , 2019
Luwu Timur, LiraNews— Kegiatan bongkar muat di Pelabuhan PT Vale Indonesia.Tbk, yang dilaksanakan oleh Koperasi TKBM Malili, diduga bermasalah. Demikian disampaikan kuasa hukum Koperasi Wahyu Mandiri, Irsyad Djafar, S.H, kepada awak media. Irsyad yang juga aktif di LBH LSM LIRA Sulsel ini, melanjutkan jika Koperasi TKBM (tenaga kerja bongkar muat, […]