Proaktif, Danposramil Biak Timur Bersama Ketua Komunitas Trash Hero Biak Angkut Sampah Plastik

Danposramil 1708-01/Biak Timur Serka Novan Irio bersama Ketua Trash Hero Biak Jack Rumbekwan membersihkan sampah plastik di talud Pantai Bosnik dengan mengangkut sampah dalam karung, Kamis (27/6/2024). (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Biak Timur, LiraNews- Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan untuk meringankan beban masyarakat, Danposramil 1708-01/Biak Timur Serka Novan Irio bersama Babinsa Serda Renold Mnsen turut membantu Ketua Komunitas Trash Hero Biak Jack Rumbekwan mengangkut sampah plastik di talud Pantai Bosnik, Kampung Adorbari, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (27/6/2024).

Danposramil Biak Timur Serka Novan Irio menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian aparat kewilayahan terhadap kebersihan lingkungan. Selain itu, aksi ini juga bertujuan untuk membantu meringankan beban pekerjaan masyarakat, khususnya dalam mengelola sampah plastik yang kerap mencemari lingkungan sekitar.

Serka Novan Irio ikut angkut sampah kedalam mobil untuk dibuag ditempat pembuangan sampah akhir. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

“Sampah plastik yang kami angkut ini berasal dari Pulau Pay di Distrik Padaido. Sampah tersebut kemudian dibawa ke tempat penampungan di Bosnik sebelum akhirnya diangkut ke Bank Sampah di wilayah kota. Total sampah yang kami kumpulkan mencapai 23 karung,” jelas Serka Novan Irio.

Serka Novan Irio menambahkan bahwa keberadaan Bank Sampah sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena selain sebagai tempat pembuangan sampah yang tepat, sampah plastik juga memiliki nilai ekonomis jika diolah dengan baik.

“Selain meringankan beban masyarakat, kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk kebersamaan antara aparat kewilayahan dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan,“ terang Serka Novan Irio.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan mengumpulkan dan memilah sampah plastik,“ pungkasnya.

Ketua Trash Hero Biak Jack Rumbekwan bersama anak-anak di Pantai Bosnik mengumpulkan sampah plastik dalam karung. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Ketua Komunitas Trash Hero Biak Jack Rumbekwan menyambut baik bantuan dari aparat kewilayahan ini. Menurutnya, sinergi antara masyarakat dan aparat sangat penting dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan dari Danposramil dan Babinsa. Ini menunjukkan bahwa kepedulian terhadap lingkungan bukan hanya tanggung jawab masyarakat saja, tetapi juga aparat kewilayahan,“ ungkap Jack. LN-Penerangan Kodim 1708/BN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *