Program Jalin Matra Mampu Menekan Angka Kemiskinan

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:

LiraNews.Com

Bagikan:

LiraNews, Bangkalan —  Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) merupakan salah satu program yang diupayakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menekan angka kemiskinan di Jawa Timur yang dalam  kegiatannya, dibagi menjadi tiga yakni, bantuan rumah tangga sangat miskin (BRTSM), penanggulangan feminisasi kemiskinan (PFK), dan penanggulangan kerentanan kemiskinan (PK2).

Terhitung mulai tahun 2015 sampai tahun 2019, Kabupaten Bangkalan memperoleh bantuan program Jalin Matra. Untuk tahun ini, sebanyak 842 rumah tangga sasaran tercatat sebagai penerima bantuan Jalin Matra PFK dan BRTSM.

“BRTSM itu ada di tiga desa, Desa Tanjung Jati, Tajungan, dan Kamal. Untuk PFK itu ada di tiga kecamatan yaitu Tanah Merah, Burneh dan Tanjungbumi,” papar Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron saat melakukan sambutan diacara Sosialisasi Program Jalin Matra di Balai Diklat Bangkalan, . Rabu (26/6/2019).

” Program Jalin Matra telah berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan di Kabupatan Bangkalan, karena angka kemiskinan di Bangkalan dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan,” imbuhnya.

Dikatakan Ra Latif (Sapaan Bupati Bangkalan) Program Jalin Matra dapat menekan angka kemiskinan yg ada di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Bangkalan karena Program ini sejalan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

Kegiatan sosialisasi program Jalin Matra diikuti 112 orang peserta,yang  terdiri dari DPMD Kabupaten Bangkalan, Camat, Kepala Desa, pendamping kabupaten, dan pendamping desa program Jalin Matra.

Menurut Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabuoaten Bangkalan Saksono Farmanto mengatakan, kegiatan sosialisasi Jalin Matra tahun 2019 di Kabupaten Bangkalan ditujukan untuk media penyebaran informasi terkait program tersebut.

“Selain itu diharapakan mampu memberikan penjelasan tentang mekanisme teknis pelaksanaan program Jalin Matra. “program jalin matra merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan,” ungkapnya. LN-HSN

Bagikan:
Komentari Melalui Facebook
Wed Jun 26 , 2019
LiraNews.Com