Program Sejuta Ketapang Kencana, Walikota Batam Ajak Masyarakat Tanam Pohon

  • Whatsapp
banner 468x60

Batam, LiraNews – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi kembali menggaungkan program Sejuta Ketapang Kencana. Dalam sejumlah pertemuan, Rudi mengajak masyarakat untuk ikut menanam pohon yang memiliki nama latin Terminalia mantaly ini.

“Pohon yang ditanam, selagi bisa menaungi manusia, menahan banjir, jadi pahala buat kita. Kita buat Batam sejuta ketapang kencana. Kita tanam sama-sama, buat Batam jadi indah,” kata Rudi di musrenbang Batu Selicin, belum lama ini, dilansir mediacenterbatam.

Ia mengatakan, apabila satu warga menanam dua batang pohon saja maka akan ada 2 juta ketapang kencana. Tentunya akan memperindah estetika kota.

“Yang kita tanam dinikmati orang semua, kita dapat pahala,” ujarnya.

Rudi menjelaskan, ketapang kencana dipilih karena ukuran pohon yang besar. Sehingga bisa menyejukkan area sekitar.

”Ketapang ini pohonnya lurus, jadi bersih. Dan bisa memayungi orang,” kata dia.

Penanaman pohon, sambungnya, akan difokuskan di lokasi jalan yang sudah dilebarkan Pemerintah Kota Batam. Seperti kawasan Batam Centre dan Nagoya-Jodoh.

“Jalan yang sudah dibuka kita tanam, yang belum tak usah dulu. Insya Allah 2025 jalan sudah selesai semua sampai ke Sagulung, Tanjunguncang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Eryudhi Apriadi mengatakan selain Ketapang Kencana untuk lokasi Jalan Laksamana Bintan akan ditanam pohon tabebuya.

Pohon yang memiliki bunga berwarna merah muda ini akan menghias median jalan antara Simpang BNI sampai ke underpass Pelita. Selain ditanamin pohon tabebuya, pihaknya juga berencana membangun taman di bagian sisi kiri kanan jalan. LN-TIM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60