Puan: Venue PON Harus Terus Dimanfaatkan untuk Rakyat Papua

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews – Ketua DPR RI Puan Maharani mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dirinya berharap agar berbagai arena tempat berlangsungnya PON terus dirawat meski event olahraga nasional itu sudah berakhir.

Read More
banner 300250

“Pembangunan fasilitas olahraga dalam rangka pelaksanaan PON di Provinsi Papua akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua,” kata Puan kepada para wartawan, Sabtu (2/10/2021).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mengingatkan agar seluruh venue PON harus mendatangkan sebanyak-banyaknya manfaat bagi rakyat.

Puan menyebut, jangan sampai pembangunan dengan nilai yang besar menjadi sia-sia dan hanya digunakan saat PON berlangsung.

“Pasca-perhelatan PON seluruh fasilitas olah raga yang dibangun dengan triliun-an rupiah uang rakyat ini, harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat Papua,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Bukan tanpa alasan Puan mengingatkan hal tersebut, sebab selama ini banyak venue yang dibangun untuk pelaksanaan PON, pada akhirnya kurang dimanfaatkan setelah pesta olahraga empat tahunan itu berakhir.

“Belajar dari pengalaman sebelumnya di Provinsi lain, pasca-pelaksanaan PON, fasilitas olahraga yang dibangun itu hanya menjadi saksi bisu perhelatan PON,” ucap Puan.

“Setelah itu kondisinya terbengkalai dan tidak terawat, bahkan menjadi beban bagi pemerintah daerah setempat karena tingginya biaya pemeliharaan fasilitas tersebut,” sambung mantan Menko PMK itu.

Ada 7 venue PON XX yang diresmikan Presiden Jokowi, yaitu Arena Akuatik, Arena Panahan yang berada di Istora Papua Bangkit. Kemudian Arena Cricket dan Arena Hoki (outdoor-indoor) di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Selanjutnya Arena Sepatu Roda di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura dan Arena Dayung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura. Pembangunan di 7 lokasi tersebut menggunakan APBN di Papua.

“Berbagai lokasi olahraga ini kita harapkan juga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD),” ungkap Puan yang hadir dengan memakai tas buatan pengrajin UMKM Papua.

Cucu Proklamator Bung Karno ini menyebut, berdirinya berbagai arena perhelatan PON bukan sekadar membangun fasilitas olahraga baru di Papua. Menurut Puan, infrastruktur olahraga di sejumlah daerah di Provinsi Papua itu juga sebagai upaya membangun semangat persatuan kebangsaan Indonesia.

“Karena acara olahraga seperti PON turut menguatkan rasa persaudaraan kita,” tutur Puan.

Peresmian venue PON XX secara simbolis dilakukan di Gedung Istora Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/20/2021). PON Papua sendiri akan resmi dibuka malam nanti, dan pelaksanaannya berlangsung hingga 12 Oktober mendatang.

Peresmian venue PON XX Papua juga dihadiri sejumlah menteri yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun ikut mendampingi Presiden Jokowi.

Related posts