Rapimnas LSM LIRA Lahirkan Enam Sikap dan Kesepakatan

Gravatar Image
  • Whatsapp

Solo, LiraNews – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemuda LIRA di Kota Surakarta (Solo) telah usai digelar dan ditutup secara resmi oleh Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal pada Sabtu (27/11/2021).

“Alhamdulillah, Rapimnas LSM LIRA dan Rakornas Pemuda LIRA telah berlangsung lancar dan sukses, Hampir tidak ada kendala sedikit pun,” ujar HM. Jusuf Rizal, dikutip laman Portal Indonesia, Minggu (28/11/2021).

Read More
banner 300250

banner 300250

Pada kesempatan itu, Jusuf Rizal menyampaikan terimakasih kepada peserta yang hadir, terlebih ada yang dari Papua, dari Aceh, dan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Ia juga menjelaskan agenda pendirian sebuah badan usaha, yang nantinya akan menunjang kinerja anggota LSM LIRA sekaligus pemberdayaan masyarakat.

“Saya ingin LSM LIRA mampu menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan, dan mampu untuk selalu hadir di masyarakat,” tandasnya.

Dikatakan pula bahwa LSM LIRA akan tetap bersinergi dengan pemerintah dan mendukung program pemerintah yang pro-rakyat. Namun tetap kritis dan independen jika ada program pemerintah yang dinilai lebih merugikan ke masyarakat.

Berikut enam butir kesepakatan Rapimnas LSM LIRA (26-27 November 2021) 

Pertama, bahwa LSM LIRA mendukung pemerintahan Jokowi – KH. Ma’ruf Amin dalam pembangunan diberbagai sektor untuk keadilan, transparansi Pengelolaan negara serta kesejahteraan rakyat secara profesional, kritis, konstruktif dan independen.

Kedua, bahwa LSM LIRA selaku mitra kepolisian, kejaksaan dan KPK dalam pemberantasan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) akan senantiasa ikut membantu, melaporkan, mengawal dan mengawasi terhadap setiap tindak penyalahgunaan wewenang (Abuse Of Power) mulai dari pusat hingga desa. Guna untuk mendorong pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Ketiga, LSM LIRA dalam menghadapi Pemilu 2024 akan ikut ambil bagian dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilu presiden, sebagai satgas pemilu independen.

Keempat, LSM LIRA menjadikan platform media sosial, media online, media konvensional. Serta mendorong program Satu Desa Satu Wartawan sebagai mata dan telinga informasi.

Kelima, LSM LIRA mendorong peningkatan SDM anggota dan pemuda sebagai lokomotif pembangunan ekonomi, koperasi maupun ekonomi syariah. Guna terciptanya kemandirian, organisasi revolusioner visioner, tangguh serta senantiasa mampu mengikuti perubahan di era revolusi industri.

Keenam, mendorong pembentukan Federasi Serikat Pekerja Disabilitas Indonesia (FSPDI), Sedekah Bangsa, Pengembangan Ekonomi Syariah. Membantuk Rumah Perisai BPJS Ketenagakerjaan maupun program lain untuk menggerakkan berbagai potensi guna memajukan kemandirian secara organisasi.

Drs. Syarifuddin Nahar selaku Walikota LSM LIRA Kota Malang mengatakan dengan ditutupnya Rapimnas LSM LIRA, ia ingin kesolidan organisasi ini tetap terjaga dan terus ditingkatan menuju Munas di tahun 2022.

“Saya juga berharap LSM LIRA ini masih tetap menjadi mitra kritis bagi pemerintah, sebagai contoh organisasi ini mampu menggulingkan dinasty kekuasaan yang ada di Probolinggo. Terakhir kami akan terus berusaha ada di masyarakat dan akan terus mengkritisi program pemerintah yang kurang berpihak pada rakyat,” ungkap Syarifudin Nahar.

Related posts