Relawan Jokowi-Amin Tak Kecewa Tidak Dapat Posisi di Kabinet

Jakarta, LiraNews —- Permohonan maaf Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin kepada relawan pendukungnya yang tak dapat jatah Menteri dan Wakil Menteri ditanggapi santai oleh Relawan Jokowi-Amin The President Center. Mereka tidak kecewa meski tidak dapat posisi di kabinet.

“Jika saya ditanya, apakah kecewa sebagai relawan Jokowi-Amin yang tidak dapat posisi di kabinet. Jawab saya tidak. Karena yang namanya relawan ya harus ikhlas berbuat dan berjuang. Bahkan juga berkorban waktu, tenaga, pikiran dan materi,” tegas Ketua Presidium Relawan Jokowi-Amin The President Center, HM. Jusuf Rizal menjawab pertanyaan media di Jakarta.

Sebagaimana dikemukakan Wapres KH.Ma’ruf Amin dalam syukuran di Jakarta, ia meminta maaf jika relawannya tidak ada yang masuk Menteri dan Wakil Menteri. Barisan relawan Jokowi-Amin ada Rumah Kyai Ma’ruf Amin (KMA), Rumah Relawan Nusantara (RRN) The President Center — jaringan LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) dan Kultural NU —-, Relawan Pekerja Buruh KSPSI, dll

Menurut Jusuf Rizal yang juga kader NU itu, menjadi Menteri dan Wakil menteri itu tidak mungkin semua bisa diakomodir. Tidak mudah bagi Jokowi dan KH.Ma’ruf Amin memilih figur yang punya kapasitas, kapabilitas dan siap kerja. Ada kalanya figur bagus secara teori tapi bukan yang siap kerja. Jokowi membutuhkan teknokrat bukan birokrat.

Menurutnya setiap organ relawan berharap kelompoknya ada yang terpilih. Diantara relawan bahkan banyak yang cari panggung hingga mengusulkan figur-figur yang dianggap layak. Bagi yang ambisius melihat kenyataan tentu banyak yang kecewa dan gigit jari. Dari ribuan relawan hanya dari Projo yang diambil sebagai Wakil Menteri setelah menyatakan akan tarik dukung Jokowi.

“Setiap relawan pasti berkeringat, baik kecil maupun besar. Namun tidak perlu kecewa. Menurut saya sebagai relawan, kedepan bagaimana ikut mengawal visi Indonesia Jokowi-Amin, 2019-2024 di semua bidang untuk mencapai SDM unggul, Indonesia maju,” tegas pria yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu.

Berdasarkan catatan redaksi, Jusuf Rizal selain Ketua Presidium Relawan Jokowi-Amin The President Center juga menjabat sebagai Ketua Tim Relawan Pekerja Buruh KSPSI Jokowi-Amin. Jusuf Rizal bukan asing di dunia relawan. Pada Pilpres 2004 dan 2009, Sekjen Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) itu menjadi Direktur Blora Center Relawan SBY-JK. Selama 10 tahun SBY menjabat, Jusuf Rizal tidak pernah minta jabatan apapun, meski banyak berkeringat. LN-TIM