Roadshow Surabaya-Ngawi, UKM-IKM Nusantara Dorong Kebangkitan UKM yang Terdampak Pandemi

Ketua Umum UKM-IKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu saat bertemu pelaku UKM binaan di Surabaya, Jawa Timur.

Surabaya, LiraNews – IKM UKM Nusantara menggelar roadshow di sejumlah Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, pada 13-15 Februari 2022.

Roadshow IKM-UKM Nusantara itu dipimpin langsung oleh Ketua Umum IKM-UKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu. Kegiatan Roadshow dilakukan secara maraton selama tiga hari.

Read More
banner 300250

Hari pertama di Kota Surabaya dan Kabupaten Ngawi, hari kedua adalah Kabupaten Tuban dan Malang Raya, dan hari ketiga di Jember.

Hj. Chandra Manggih Rahayu yang memimpin langsung roadshow tersebut mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk membantu para pelaku UKM agar bangkit setelah terpukul oleh dampak pandemi COVID-19 yang sudah terjadi lebih dari dua tahun terakhir.

Hj. Chandra Manggih mengatakan, IKM-UKM Nusantara akan membantu pemasaran produk IKM binaan ke jaringan Supermarket, khususnya supermarket  yang sudah bekerjasama dengan UKM IKM Nusantara.

“Setidaknya sudah ada 5 titik Supermarket di Jabodetabek yang telah menjalin kerjasama dengan IKM UKM Nusantara, dan ada juga 150 titik untuk pasar export di Timur Tengah (Negara-negara Arab),” jelas Ibu Chandra Manggih.

Ketua Umum IKM-UKM Nusantara Hj. Chandra Manggih Rahayu bersama pelaku UKM di Surabaya, Jawa Timur. 

Hj. Chandra Manggih yang juga menjabat sebagai Bendahara Umum Perkumpulan Perusahaan Media Online  Indonesia (MOI), menjelaskan Roadshow IKM-UKM Nusantara di Jawa Timur ini juga untuk pemetaan atau mapping potensi-potensi produk IKM UKM binaan.

“Semua potensi tersebut akan dibantu pemasarannya oleh koperasi UKM IKM Nusantara ke jaringan pasar yang sudah terbentuk seperti di setiap Stasiun Kereta Api, karena UKM IKM Nusantara mendapatkan tempat untuk mendisplay dan menjual produk-produk binaan di setiap stasiun dengan sistem bagi hasil dengan KAI dan UKM IKM Nusantara,” jelas Chandra Manggih.

Pada kesempatan sama, Ketua Harian IKM-UKM Nusantara Bayu Sunu Adhie mengatakan, Roadshow Jatim ini bertujuan untuk melakukan mapping potensi produk-produk atau komoditas unggulan dari UKM dan IKM binaan UKM IKM Nusantra pada setiap kabupaten/kota di Jatim.

Pada hari pertama di Surabaya, IKM UKM Nusantara melakukannya kunjungan ke Pabrik Tepung Bumbu Jempoly, Surabaya, Jawa Timur.

Pabrik tersebut adalah salah satu IKM binaan UKM IKM Nusantara Wilayah Jatim di bawah kepemimpinan Bpk. Abdul Hakam yang mampu memproduksi tepung bumbu hingga 1 ton pet hari, dan hasil produksinya sudah menembus pasar nasional di luar Kota Surabaya.

Adapun pada kunjungan di Ngawi, Hj. Chandra Manggih dan tim dari pusat memberikan pemaparan sekaligus meninjau lokasi stand-stand yang menjajakan beberapa hasil olahan dari tangan terampil pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Ngawi.

Ketua Umum IKM-UKM Nusantara Hj. Chandra Manggih bertemu para pelaku UKM di Ngawi, Jawa Timur. 

Puluhan stand itu berjajar rapih di taman wisata pemandian kolam renang tawun di Desa Tawun, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi.

Pada acara di Ngawi itu, hadir Ketua DPD IKM UKM Nusantara Kabupaten Ngawi H. Arianto Adi. Ia mengatakan bahwa sektor perekonomian kreatif masyarakat memang perlu digenjot dan harus difasilitasi baik kuantitas produk maupun kualitasnya.

Related posts