Samuel F. Silaen: Gibran Maju Pilkada Solo, Tidak Ada Yang Salah!

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews -Banyak orang (pengamat) meragukan keriusan majunya Gibran Rakabuming dalam Pemilihan Wali Kota Solo (Pilwalkot) tak menguntungkan bagi Presiden Joko Widodo.

Boleh atau nggak sebetulnya kalau Gibran mencalonkan? Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (Laksamana) Samuel F. Silaen katakan boleh karena itu hak warga negara. Tapi, menurutnya, Gibran ini kan spesial, dia juga anak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bahwa mencoba itu tidak ada salahnya, jika niat dan kesungguhan Gibran berasal dari niatnya sendiri, bukan karena semata-mata dorongan orang lain termasuk orang tuanya (Jokowi),”ujar Silaen kepada awak media di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Gibran memang adalah anak pertama Jokowi dan Iriana. Dia sudah menemui Megawati Soekarnoputri untuk meminta izin maju dalam Pilwalkot Solo.

“Menguntungkan atau tidak? Menurut saya bukan urusan pengamat atau elite politik, selama Gibran merasa ‘happy’ dan antusias maka itu sah buat siapa saja, termasuk Gibran yang saat ini lebih dikenal sebagai anak Presiden Jokowi,” jelas Silaen aktivis organisasi kepemudaan ini.

“Hemat saya, Gibran tidak boleh bersandar pada sosok (figure) ayahnya, sosok yang dikagumi banyak orang, Gibran harus tetap pada kekuatan diri sendiri karena itu modal utama dalam mengabdi sebagai pelayan rakyat, bukan karena faktor iming- iming kekuasaan semata,”kilah Silaen pengamat politik milenial ini.

Lanjut Silaen, dalam politik itu adalah bicara kesempatan dan faktor ‘lucky’ juga, Gibran harus membuktikan jati diri yang mampu membangun komunikasi “keatas, kebawah, kesamping kiri- kanan” semua lapisan masyarakat, jangan ‘mentang- mentang’ anak penguasa hingga berlaku ‘arogan’, jangan!

“Gibran harus membiasakan diri mandiri dan bekerja keras, itu kunci keterpilihan dan disukai oleh pemilih, soal yang lain saya tidak perlu sebutkan sebab yang lain itu sudah ada pada diri Gibran, yang tidak dimiliki oleh anak muda lain sebaya Gibran, moga Gibran disenangi oleh masyarakat Kota Solo,” tandasnya. LN-AZA

Tue Oct 29 , 2019
Denpasar, LiraNews – Dengan semangat Hari Sumpah Pemuda 1928 Mari kita ikrarkan, bahwa kita berbangsa dan bertanah air dan berbahasa Indonesia dengan toleransi, keberagaman dan moderasi. Mari kita kembali berikrar untuk berbahasa Indonesia yang baik tanpa hoaks dan kebencian. Hal tersebut dikemukakan Ketua Forum Bela Negara (FBN) Bali, Agustinus Nahak, […]